Penulis Utama : Solecha Pujiati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8707057
Tahun : 2011
Judul : Evaluasi Pengolahan Air Limbah di IPAL Semanggi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2011
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik-Jur. Teknik Sipil-I8707057-2011
Subyek : AIR LIMBAH
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Air kotor atau sering juga disebut air limbah atau air buangan adalah semua cairan yang dibuang, yang mengandung kotoran manusia, hewan, sisa tumbuh – tumbuhan,maupun yang mengandung sisa – sisa proses produksi. Untuk itu diperlukan pengolahan sebelum air limbah dibuang ke sungai. Hal ini dimaksudkan agar air limbah tidak mencemari lingkungan yang berdampak pada rusaknya ekosistem, terutama ekosistem air.  IPAL bertujuan mengolah air limbah sebelum dibuang ke sungai, oleh karena itu perlu di lakukan evaluasi IPAL yang mencakup hasil uji laboratorium, kelayakan bangunan IPAL.

Pengujian kualitas air yang diolah IPAL dilakukan secara fisika dan kimia,  serta data lainya diperoleh lewat interview, studi observasi dan studi pustaka. Hal ini dilakukan untuk mengetahui hasil evaluasi IPAL sehingga bisa memperbaiki kekurangan yang ada.

Hasil pengujian diperoleh parameter kualitas air limbah setelah diolah IPAL Semanggi adalah pH 7, suhu 290C, COD 84,21 mg/lt, BOD 6 mg/lt. Bangunan IPAL Semanggi  terdiri dari ruang kontrol pompa dan genset, bak screen, grit chamber, bak ekualisasi, bak aerasi dan bak sedimentasi.  Dari hasil pengujian sampel dan jenis-jenis bangunan yang digunakan untuk mengolah air limbah menunjukkan bahwa air limbah yang telah diolah IPAL Semanggi Surakarta memenuhi standar kualitas air baku sungai.

Kata Kunci ; air limbah, evaluasi IPAL 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LEMBAR PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Siti Oomariyah,M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik