Penulis Utama : Dahris Shahab
NIM / NIP : S811308006
×

ABSTRAK

Pendidikan   merupakan   salah   satu   hal   yang   paling   penting   untuk mempersiapkan kesuksesan masa depan di era globalisasi yang penuh dengan tantangan ini. Untuk dapat meraih kesuksesan tersebut, diperlukan bekal ilmu pengetahuan dan ilmu pengetahuan tersebut bisa diperoleh melalui pendidikan. Pendidikan bisa diraih dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan melalui proses pendidikan/pembelajaran di lembaga formal seperti Sekolah/Lembaga Pendidikan. Untuk menghadapi era global yang penuh dengan tantangan ini, maka dibutuhkan persiapan sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Sumber daya manusia unggul  yang diinginkan adalah sumber daya manusia  yang memiliki kompetensi yang tinggi. Indikator dimilikinya kompetensi tinggi dicerminkan oleh dimilikinya hard skills berupa kemampuan bidang teknis atau keilmuan tertentu sekaligus soft skills. Hal tersebut menjadikan satu tantangan khusus bagi Politeknik Negeri Madiun untuk memberikan materi perkuliahan/kompetensi yang akan diberikan kepada Mahasiswa di semua Jurusan yang ada di Politeknik Negeri Madiun, khusunya bagi Jurusan Komputerisasi Akuntansi.
Jenis penelitian yang diambil adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan survey yang hasilnya akan dianalisa menggunakan metode Importance Performance Analysis (analisis kuadran dan analisis gap). Penelitian ini mengambil populasi berdasarkan data jumlah alumni Program Diploma III Jurusan Komputerisasi Akuntansi Politeknik Negeri Madiun yang lulus pada tahun 2011-2014, sejumlah 150 orang. Dari populasi tersebut diambil sample menggunakan rumus Slovin, sejumlah 60 responden. Dari 60 responden tersebut hanya 32 responden yang memenuhi kualifikasi.
Berdasarkan hasil perhitungan analisis gap atribut nomor 10, 11, 16 dan 18 mempunyai nilai negatif, yang artinya bahwa atribut tersebut belum memenuhi kriteria kepuasan yang ditetapkan oleh pengguna terhadap kinerja alumni. Sedangkan atribut lainnya memperoleh nilai positif, dan ini dapat diartikan bahwa pengguna telah terpuaskan dengan kinerja para alumni. Sedangkan menurut IPA diperoleh hasil, pada kuadran A adalah atribut nomor 2, kuadran B terdapat atribut nomor 5, 10, 11, 13, 14, 15, 17, 18, kuadran C terdapat atribut nomor 1, 3, 4, 6, 7, 8,  9,  12,  19,  20,  dan  kudaran  D terdapat  atribut nomor  16.  Sedangkan  hasil perhitungan CSI didapat nilai sebesar 82.98% yang mengindikasikan tingkat kepuasan pengguna terpenuhi terhadap kinerja alumni adalah sangat puas. Hasil perhitungan rata-rata kepuasan alumni dapat diketahui bahwa para alumni puas terhadap apa yang mereka dapatkan selama menempuh perkuliahan di Program Diploma III Jurusan Komputerisasi Akuntansi Politeknik Negeri Madiun.

Kata kunci: harapan, kinerja, analisis gap, IPA, CSI.

×
Penulis Utama : Dahris Shahab
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811308006
Tahun : 2017
Judul : Analisis Kepuasan Pengguna Kompetensi Alumni Program Diploma III Jurusan Komputerisasi Akuntansi Politeknik Negeri Madiun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Jur. Teknologi Pendidikan-S811308006-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Muhammad Akhyar, M.Pd.,
2. Prof. Dr. Joko Nurkamto, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.