Penulis Utama : Selvia Putri Kumalasari
NIM / NIP : S841602031
×

Pembelajaran keterampilan menulis teks anekdot pada siswa kelas X Usaha Perjalanan Wisata SMK Negeri 6 Surakarta memiliki proses pembelajaran yang kurang sesuai dengan perencanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran keterampilan menulis teks anekdot oleh guru mata pelajaran bahasa indonesia kelas X Usaha Perjalanan Wisata di SMK Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017; 2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis teks anekdot kelas  X  Usaha  Perjalanan  Wisata  SMK  Negeri  6  Surakarta  Tahun  Pelajaran
2016/2017; 3) mendeskripsikan evaluasi pembelajaran keterampilan menulis teks anekdot kelas X Usaha Perjalanan Wisata SMK Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017; dan 4) mendeskripsikan kendala dan solusi pembelajaran keterampilan menulis teks anekdot kelas X Usaha Perjalalan Wisata SMK Negeri
6 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian studi kasus pembelajaran keterampilan menulis ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara, observasi/pengamatan, studi dokumen. Validitas data yang digunakan adalah trianggulasi sumber data, trianggulasi metode, dan review  informant.  Teknik  analisis  data  yang digunakan  adalah teknik  analisis interaktif. Analisis model interaktif merupakan interaksi dari empat komponen, yaitu: pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi).
Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran keterampilan menulis teks anekdot yang disusun oleh guru belum memperhatikan komponen-komponen penyusunan RPP pada permendikbud nomor 22 tahun 2016.
2)  Pelaksanaan  pembelajaran  keterampilan  menulis  teks  anekdot  secara  garis besar kurang sesuai dengan perencanaan pembelajaran. 3) Evaluasi dalam pembelajaran keterampilan menulis teks anekdot adalah guru melakukan penilaian proses, portofolio dan produk. 4) Kendala yang terjadi pada pembelajaran keterampilan menulis teks anekdot meliputi kendala guru, siswa, dan lingkungan belajar. Solusi pada penelitian ini yaitu bagi guru memahami kembali pedoman proses pembelajaran dan bagi siswa untuk memanfaatkan sumber belajar lainnya.

 

×
Penulis Utama : Selvia Putri Kumalasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841602031
Tahun : 2017
Judul : Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Anekdot (Studi Kasus pada Siswa Kelas X Usaha Perjalanan Wisata SMK Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia-S841602031-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd
2. Prof. Dr. Sumarlam, M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.