Penulis Utama : Hendik Pujiyanto
NIM / NIP : S811502002
×

ABSTRAK

Tujuan  penelitian ini adalah  untuk mengetahui  kebutuhan sekolah  Kristen akan pentingnya membangun Christian worldview dalam mata pelajaran dan mengetahui efektivitas produk yang dikembangkan bagi guru dan siswa SMP Kristen.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan model ADDIE yang dimodifikasi ke dalam studi pendahuluan, pengembangan produk dan pengujian produk yang dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu: studi pendahuluan, pengembangan produk, validasi dan revisi, serta uji coba satu-satu, kelompok kecil dan uji coba lapangan. Tahap pertama adalah studi pendahuluan yang meliputi studi pustaka, survey dan observasi lapangan. Tahap kedua adalah pengembangan produk yang meliputi perencanaan dan pengembangan produk. Tahap ketiga adalah pengujian produk mencakup validasi dan revisi oleh  ahli  materi,  penyajian  dan  grafika.  Selanjutnya,  adalah  uji  coba  lapangan  yang meliputi: uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar (lapangan). Data dikumpulkan melalui angket dan test yang kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif, sedangkan data yang diperoleh ari wawancara dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa kualitas bahan ajar modul dinilai sangat baik dengan skor rata-rata adalah 4,38 oleh ahli materi; ahli penyajian bahan ajar modul memberikan  nilai  sangat  baik  dengan  skor  rata-rata  adalah  4,92;  dan  ahli  grafika
memberikan nilai sangat baik, dengan skor rata-rata adalah 4,4. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa tanggapan guru mengenai kualitas bahan ajar modul berbasis integrasi alkitabiah yang dikembangkan secara keseluruhan adalah sangat baik, dengan skor rata-rata pada  masing-masing  aspek:  uji  coba  satu-satu  dengan  skor  rata-rata  adalah  4,4;  uji kelompok kecil dengan skor rata-rata adalah 4,3; uji coba lapangan dengan skor rata-rata adalah 4,4. Hasil analisis perbandingan nilai skor pre-test dan post-test menunjukkan terdapat kenaikan nilai yang diperoleh guru. Berdasarkan hasil perhitungan dapat diketahui bahwa nilai rata-rata pre-test sebelum diberi perlakukan dengan bahan ajar modul berbasis integrasi alkitabiah adalah 60,89, sedangkan nilai rata-rata post-test setelah menggunakan bahan ajar modul berbasis integrasi alkitabiah adalah sebesar 86,85. Dari selisih rerata tersebut  dapat  diketahui  kenaikan  presentase  sebesar  25,96%.  Hal  ini  mempunyai  arti bahwa hasil belajar dengan menggunakan bahan ajar modul berbasis integrasi alkitabiah yang dikembangkan mempunyai keefektifan 25,96%. Dari hasil analisis uji t tersebut dapat dikatakan bahwa bahan ajar modul pembelajaran yang telah dikembangkan efektif digunakan sebagai modul pelatihan guru SMP Kristen di Surakarta.

Kata kunci: Kurikulum 2013, Christian worldview, integrasi alkitabiah.

×
Penulis Utama : Hendik Pujiyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811502002
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Bahan Ajar Guru Berbentuk Modul Berbasis Bible-Based Integration (BBI) untuk Membentuk Christian Worldview pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kristen di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Jur. Teknologi Pendidikan-S811502002-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. (Em.) Dr. Sri Anitah, M.Pd.,
2. Dr. Leo Agung, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.