Penulis Utama : Dani Puji Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213029
Tahun : 2017
Judul : Nilai-Nilai Budaya Jawa Dalam Reality Show (Analisis Isi tentang Nilai-Nilai Budaya Jawa dalam Reality Show Mantu Import yang ditayangkan oleh Stasiun Televisi Rajawali Citra Televisi Indonesia [RCTI] Periode Bulan Maret 2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP-Prodi Ilmu Komunikasi-D0213029-2017
Subyek : NILAI-NILAI BUDAYA JAWA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :


Televisi   masih   menduduki   peringkat   pertama   media   massa   yang digunakan masyarakat Indonesia sekaligus menjadi media penetrasi utama dibanding media luar ruangan, internet, dan radio. Masyarakat telah menganggap televisi bagaikan „kotak ajaib? dimana realitas sosial dapat dilihat melalui media massa ini. Salah satu wujudnya adalah program reality show.
Reality show kerap kali dianggap tidak bermanfaat karena mengedepankan
hiburan  dan  dramatisasi  di  dalamnya.  Reality  show  dengan  format  hiburan tersebut salah satunya adalah reality show Mantu Import. Realita bahwa di kalangan masyarakat telah banyak pernikahan campuran, menjadikan perbedaan latar belakang budaya tidak hanya berpengaruh terhadap kedua pasangan, melainkan  juga  siapa  saja  yang  terlibat  dalam  pernikahan  itu,  baik  keluarga maupun orang-orang di sekitarnya. Tayangan ini menjadi salah satu contoh bahwa nilai budaya mempengaruhi kehidupan pernikahan campuran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam bagaimana nilai-
nilai budaya Jawa dalam reality show Mantu Import yang ditayangkan stasiun televisi swasta RCTI pada periode Maret 2017. Metode yang digunakan adalah analisis isi kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Dimensi yang diamati adalah dimensi nilai-nilai budaya dan dimensi pemeran nilai-nilai budaya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai budaya muncul pada lebih dari separuh durasi penayangan (67,34%). Nilai budaya yang muncul paling tinggi adalah nilai budaya aspek moral (32,34%), kemudian sikap rukun (23,96%), aspek keindahan/estetika (20,78%), sikap taat (17.74%), sikap sopan santun (3,92%), dan paling sedikit adalah sikap tanggungjawab (1,26%). Untuk kategori pemeran nilai-nilai  budaya,  pemeran  yang  mendominasi  kemunculannya  adalah  tokoh utama (50,67%), kedua adalah tokoh utama & figuran (40%), dan ketiga adalah tokoh utama & pendukung (9,33%).
Nilai-nilai budaya Jawa dalam reality show Mantu Import ini merupakan nilai praktis atau aplikatif yang dapat diterapkan oleh semua lapisan masyarakat. Kesemua nilai budaya baik dari kelompok nilai budaya keluarga maupun nilai budaya sosial muncul pada tayangan ini memiliki porsi masing-masing. Pemeran nilai-nilai budaya juga menunjukkan bagaimana penyampaian nilai-nilai budaya Jawa baik dari perilaku maupun dialog yang ditampilkan. Reality show Mantu Import merupakan program tayangan hiburan dalam bentuk reality show yang sarat akan nilai-nilai budaya dengan durasi nilai budaya sebesar 67,34%.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Cover.pdf
Bab I.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : Jurnal.pdf
Status : Public
Pembimbing : 1. Likha Sari Anggreni, S.Sos., M.Soc. Sc
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP