Penulis Utama : Novia Cahyaningrum
NIM / NIP : K7413120
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui pelaksanaan pembinaan kinerja pegawai negeri sipil di Dinas Pendidikan Kota Surakarta, (2) Mengetahui kendala pelaksanaan pembinaan kinerja pegawai negeri sipil di Dinas Pendidikan Kota Surakarta, (3) Mengetahui upaya dalam mengatasi kendala pelaksanaan pembinaan kinerja pegawai negeri sipil di Dinas Pendidikan Kota Surakarta.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan  yaitu  penelitian  studi  kasus.  Sumber  data  yang  didapatkan  dalam penelitian ini berasal dari informan, tempat dan peristiwa/lokasi penelitian serta dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi metode. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif dimana reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan saling berkaitan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembinaan kinerja pegawai negeri sipil (PNS) di Dinas Pendidikan Kota Surakarta didasarkan pada sumber hukum yang sah, baik dari pusat maupun daerah sama dasar hukum dan kebijakannya. Pembinaan kinerja PNS dilakukan melalui beberapa program kegiatan sesuai dengan ruang lingkup pembinaan, yang meliputi memberikan orientasi umum, menyediakan  fasilitas  sarana dan  prasarana pegawai,  menyelenggarakan  kegiatan pemenuhan kebutuhan jasmani dan rohani, mensosialisasikan petunjuk pelaksanaan teknis kerja, pembinaan peningkatan kemampuan pegawai, pembinaan disipilin pegawai negeri sipil, sampai memberikan pembinaan melalui mutasi pegawai. (2) Kendala dalam pelaksanaan pembinaan kinerja PNS di Dinas Pendidikan Kota Surakarta yaitu, keterbatasan anggaran, rendahnya respon pegawai terhadap tindak lanjut pembinaan, dan adanya perasaan sungkan membina pegawai yang lebih tua. (3) Upaya dalam mengatasi kendala pelaksanaan pembinaan kinerja PNS di Dinas Pendidikan Kota Surakarta yaitu, mengusulkan anggaran dan peserta diklat, mengadakan  pengawasan melekat, dan menggunakan teguran  lisan  dan  media tertulis.

Kata Kunci : pembinaan, kinerja, pegawai negeri sipil, disiplin

×
Penulis Utama : Novia Cahyaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7413120
Tahun : 2017
Judul : Pembinaan Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Dinas Pendidikan Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Administrasi Perkantoran-K7413120-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Andre N. Rahmanto, M.Si.
2. Tutik Susilowati, S.Sos., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.