Penulis Utama : Taufik Hidayat
NIM / NIP : D1513095
×

ABSTRAK

Tanah merupakan aspek yang penting dalam kehidupan, mempunyai peranan penting dan merupakan pondasi utama dari semua kelangsungan hidup, tetapi dengan tanah juga dapat menimbulkan perselisihan diantara masyarakat. Agar kedepannya tanah tidak menjadi masalah yang lebih rumit, tanah harus didaftarkan sehingga mendapatkan kepastian hukum. Seperti halnya pendaftaran peralihan hak atas tanah dengan cara jual beli di Badan Pertanahan Nasional Sukoharjo. Pendaftaran tanah dilakukan dengan prosedur sesuai dengan peraturan yang berlaku yaitu Peraturan Pemerintah No 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah.
Tujuan pengamatan penulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui prosedur pendaftaran peralihan hak atas tanah dengan cara jual beli di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sukoharjo. Pengamatan ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, metode yang memberikan gambaran atau memaparkan prosedur pendaftaran peralihan hak atas tanah dengan cara jual beli di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sukoharjo berdasarkan fakta-fakta yang ada.Teknik pengumpulan sampel dengan teknik purposive sampling yaitu memilih informan yang mengetahui informasi mengenai pengamatan. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dengan Kepala Seksi Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah, observasi, dan mengkaji dokumen arsip.
Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan penulis di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sukoharjo prosedur peralihan hak atas tanah melalui jual beli telah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomer 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah. Pendaftaran peralihan hak atas tanah dengan cara jual beli di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sukoharjo dibuktikan dengan akta PPAT. Permohonan pendaftaran peralihan hak atas tanah  harus memenuhi persyaratan lengkap. Apabila persyaratan kurang, maka pemohon harus melengkapi berkas, hal ini bisa menjadikan kendala yang menyebabkan peralihan hak atas tanah melalui jual beli menjadi lama.
Kata kunci : Pendaftaran Peralihan Hak Atas Tanah, Jual Beli Tanah

 

×
Penulis Utama : Taufik Hidayat
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1513095
Tahun : 2017
Judul : Prosedur Pendaftaran Peralihan Hak Milik Atas Tanah Dengan Cara Jual Beli Di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2017
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP-Program Studi DIII Manajemen Administrasi-D1513095-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sudaryanti, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.