Penulis Utama : Sri Amar Sagiarti Luguy
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841402034
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Antara Kemampuan Penalaran Dan Kemandirian Belajar Dengan Kemampuan Menulis Argumentasi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri di Kabupaten Kebumen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia-S841402034-2017
Subyek : PENALARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) hubungan antara kemampuan penalaran dan kemampuan menulis argumentasi, (2) hubungan  antara kemandirian belajar dan kemampuan menulis argumentasi, dan (3) hubungan antara kemampuan penalaran dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan kemampuan  menulis argumentasi.
    Penulisan ini dilaksanakan di SMA Negeri di Kabupaten Kebumen, bulan November 2014 hingga April 2015. Metode penulisan yang digunakan adalah metode survei dengan teknik korelasional. Populasi penulisan ini adalah siswa kelas X SMA SMA Negeri di Kabupaten Kebumen. Sampel berjumlah 120 orang yang diambil dengan cara multistage random sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan menulis argumentasi, tes kemampuan penalaran, dan angket kemandirian belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik regresi  dan  korelasi (sederhana dan ganda).
    Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan positif yang signifikanantara kemampuan penalaran dan  kemampuan  menulis argumentasi (ry.1 = 0,97 pada taraf nyata ? = 0,05 di mana to = 43,34 >tt = 1,66); (2) ada hubungan positif yang signifikan antara kemandirian belajar dan kemampuan menulis argumentasi (ry.2 = 0,78 pada taraf nyata ? = 0,05 dimana to = 21,64 >tt = 1,66) ; dan (3) ada hubungan positif yang signifikan antara kemampuan penalaran  dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan kemampuan menulis argumentasi (R y.12 =0,97 pada taraf nyata ? = 0,05 dimana Fo = 880,04 > Ft = 3,07).
    Bertolak dari penulisan di atas dapat dinyatakan bahwa secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama kemampuan penalaran dan kemandirian belajar memberikan sumbangan yang  berarti kepada kemampuan menulis argumentasi. Ini menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut dapat menjadi prediktor yang baik bagi kemampuan menulis argumentasi.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Cover.pdf
Bab I.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV.pdf
Bab V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : Artikel.pdf
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd
2. Dr. Sumarwati, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana