Penulis Utama : Rizky Anjasmoro
NIM / NIP : F3213055
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman pada lembaga agar dapat mengetahui strategi yang tepat untuk menghadapi persaingan. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT yang memfokuskan untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah. Data yang diperoleh melalui dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh secara langsung dari peneliti dengan terjun langsung untuk mengetahui fenomena-fenomena yang ada. Data sekunder dalam penelitian ini berupa gambaran umum dan struktur organisasi LPP RRI Surakarta.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kekuatan utama LPP RRI Surakarta terletak pada dana operasional yang dibiayai oleh pemerintah serta memiliki program siaran yang sesuai dengan segmentasi pasar. Kelemahan perusahaan yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) yang kurang inovatif. Peluang yang dimiliki perusahaan yaitu adanya rencana penggabungan dengan TVRI yang diharapkan mampu meningkatkan kemajuan perusahaan. Sedangkan ancaman LPP RRI Surakarta berupa persaingan antar perusahaan sejenis serta banyaknya media alternatif yang memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi lebih cepat.
Strategi bersaing yang tepat untuk diterapkan pada LPP RRI Surakarta adalah strategi ST (Strength – Threats). Strategi ini memanfaatkan kekuatan lembaga untuk mengatasi ancaman yang ada. Strategi yang diterapkan yaitu meningkatkan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan cara mengadakan event yang mengikutsertakan masyarakat luas. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan citra lembaga di mata publik.
Kata Kunci : SWOT, LPP RRI

 

×
Penulis Utama : Rizky Anjasmoro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3213055
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Analisis SWOT Sebagai Strategi Pemasaran Berdaya Saing Pada LPP RRI Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Manajemen Pemasaran
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis-Program Studi Diploma III Manajemen Pemasaran-F3213055-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Dwi Hastjarja K B., M.M.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.