Penulis Utama : Ryan Tantyo
NIM / NIP : I0113118
×

ABSTRAK

Jalan lingkungan permukiman sering menjadi jalan pintas pengendara dalam menghindari kemacetan di jalan utama. Kondisi tersebut dapat meningkatkan tingkat kecelakaan, sehingga penduduk menyikapinya dengan memasang speed bump. Dilain sisi karena kurangnya pengetahuan penduduk sehingga dapat mengurangi kenyamanan bahkan membahayakan pengendara. Oleh karena itu, masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana karakteristik kecepatan sepeda motor yang terjadi akibat pemasangan speed bump, sehingga dapat direncanakan speed bump yang aman dan nyaman bagi pengendara dan sesuai tujuan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah mentode survey. Pengumpulan data primer didapat dari hasil pengukuran dan pengamatan langsung di lapangan. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis lewat uji F dan uji t serta uji analisis koefisien determinasi (R2). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regersi linear sederhana. Ukuran speed bump dengan tinggi berkisar 2,3 cm – 5cm dan lebar 32,6 cm – 38,3 cm yang terpasang tunggal dan memiliki perkerasan beton.
Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terjadi penurunan kecepatan rata-rata secara signifikan pada saat di atas speed bump sebesar 67,95%. Serta terdapat hubungan antara kecepatan kendaraan dengan dimensi lebar speed bump. Model hubungan kecepatan motor (Y) km/jam dengan dimensi lebar speed bump (X1) cm yaitu Y = 39,907 -0,856 X1 dengan R2 0,806 Dengan Y adalah rata-rata kecepatan motor sebelum melewati speed bump (km/jam), sedangkan X1 adalah dimensi lebar speed bump.
Kata Kunci : Kecepatan , sepeda motor, speed bumps

 

×
Penulis Utama : Ryan Tantyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0113118
Tahun : 2018
Judul : Studi Kecepatan Sepeda Motor Akibat Pemasangan Speed Bump
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Tehnik - 2018
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Tehnik-Program Studi Teknik Sipil-I0113118-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dewi Handayani, S.T., M.T.
2. Amirotul Musthofiah, S.T., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.