Penulis Utama : Zenithia Intan Martomo
NIM / NIP : I0313105
×

ABSTRAK

Seiring dengan tingginya persaingan bisnis di tengah arus globalisasi membuat Industri Kecil Menengah (IKM) harus mampu menghadapi tantangan tersebut agar tetap bertahan hidup dan menjadi roda penggerak ekonomi. Daya tahan dan fleksibilitas dalam menyesuaikan dengan perubahan pasar menjadikan IKM digunakan oleh sebagian besar masyarakat sebagai sumber utama penghidupan. Namun terdapat beberapa hambatan yang dihadapi oleh IKM meliputi faktor internal dan faktor eksternal.
Penelitian ini dilakukan untuk membantu pemerintah daerah yang ingin melakukan intervensi terhadap pertumbuhan IKM agar tercapai IKM naik kelas dengan mengadopsi model penilaian terhadap pertumbuhan IKM. Pada penerapan di Kota Surakarta terdapat beberapa elemen didalam model acuan yang tidak dapat diterapkan karena model sebelumnya di adopsi untuk perusahaan kecil di luar negeri, Sehingga perlu menggantinya dengan menambahkan pertimbangan usulan dari stakeholder yaitu konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu. Dalam penerapannya, model ini di uji coba dengan menggunakan uji normalitas sehingga diketahui apakah berdistriusi normal dan didapatkan hasil indikator sebanyak 34 berdistribusi normal.
Dari hasil penelitian ini didapatkan instrumen penilaian pertumbuhan IKM yang akan digunakan Pemerintah daerah sebagai alat bantu untuk membantu permasalahan yang terjadi pada IKM. Pada model penilaian pertumbuhan IKM dengan faktor Orientasi kewirausahaan, motivasi, siklus hidup perusahaan, sumber daya perusahaan, dan lingkungan.
Kata kunci : IKM, Orientasi Kewirausahaan, Uji Normalitas,  Surakarta

 

×
Penulis Utama : Zenithia Intan Martomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0313105
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Alat Ukur Penilaian Pertumbuhan Perusahaan Pada Industri Kecil Menengah (IKM) Di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Tehnik - 2017
Program Studi : S-1 Teknik Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Tehnik-Program Studi Teknik Industri-I0313105-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Wahyudi Sutopo, S.T., M.Si,
2. Dr. Eko Liquiddanu, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.