Penulis Utama : Wardatuzzahra
NIM / NIP : R0213054
×

ABSTRAK

Latar Belakang : Karbon monoksida (CO) merupakan gas yang tidak memiliki bau, tidak berasa, dan tidak pula berwarna. Ketika CO berikatan dengan darah akan terbentuk COHbGas CO sebagian besar dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil, berupa gas buangan. Posisi SPBU yang ramai akan kendaraan dan berada di dekat jalan raya dapat memudahkan operator SPBU terpapar oleh emisi kendaraan bermotor berupa gas CO. Kejadian tersebut yang berlangsung terus menerus akan berdampak pada paru-paru operator SPBU hingga menyebabkan penurunan kapasitas vital paru
Metode : Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 orang. Sampel diambil dengan menggunakan kriteria inklusi dan ekslusi serta menggunakan teknik simple random sampling dan didapatkan 36 sampel. Pengukuran kadar COHb menggunakan spektrofotometer dan kapasitas vital paru menggunakan spirometri. Sedangkan analisis uji bivariat yang digunakan adalah uji Pearson.
Hasil : Hasil uji statistik pearson menunjukkan hubungan kadar COHb dengan kapasitas vital paru memiliki signifikansi (p) sebesar 0,051 dengan kekuatan korelasi (r) sebesar 0,328.
Simpulan : Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kadar COHb dengan kapasitas vital paru pada operator SPBU di wilayah Surakarta.
Kata Kunci : CO, COHb, kapasitas vital paru, Operator SPBU.

 

×
Penulis Utama : Wardatuzzahra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0213054
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Kadar Cohb Dengan Kapasitas Vital Paru Pada Operator SPBU Di Wilayah Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran-Program Diploma IV Keselamatan Dan Kesehatan Kerja-R0213054-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ratna Fajariani, S.ST., M.KKK
2. Haris Setyawan S.KM., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.