Penulis Utama : Doni Wahyu Prabowo
NIM / NIP : K3312023
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bentuk pendidikan kimia tetrahedral yang disebut sebagai masa depan pendidikan kimia, (2) pemahaman komprehensif mahasiswa kimia tahun pertama Technische Universität Dresden sesuai bentuk pendidikan kimia tetrahedral pada materi konsep mol. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kimia tahun pertama di Technische Universität Dresden, Jerman. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) bentuk pendidikan kimia tetrahedral merupakan  bentuk  pendidikan  kimia  yang  menempatkan  substansi  kimia (makroskopis), representasi simbolis (simbol), dan proses kimia (molekuler) dalam konteks kehidupan manusia (elemen manusia) dengan mengintegrasikan konten dan konteks,  tanpa  menekankan  pada  satu  hal  dan  mengorbankan  hal  lainnya,  (2) mahasiswa kimia tahun pertama Technische Universität Dresden telah memahami secara komprehensif konsep mol yang dikaitkan dengan konteks kehidupan sehari-hari, di mana siswa mampu mencari informasi makroskopis dari pernyataan yang bersifat kontekstual dengan kehidupan manusia kemudian dengan menggunakan simbol dan rumus dapat mengetahui komponen yang bersifat molekuler serta mampu untuk menginterpretasikan dan menganalisis permasalahan secara efektif.

Kata Kunci : Bentuk pendidikan kimia tetrahedral, Technische Universität Dresden, konsep mol

×
Penulis Utama : Doni Wahyu Prabowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3312023
Tahun : 2017
Judul : Pemahaman Komprehensif Materi Konsep Mol sesuai “Mahaffy?S Tetrahedral Chemistry Education : The Future Shape of Chemistry Education” (Studi Empiris pada Mahasiswa Kimia Tahun Pertama Technische Universität Dresden, Jerman)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Kimia-K3312023-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. rer. nat. Sri Mulyani. M.Si.
2. Dr.paed Nurma Yunita I, M.Si., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.