Penulis Utama : Ravi Masitah
NIM / NIP : S531508039
×

Abstrak

Latar  Belakang:  Video  animasi  dapat  digunakan  sebagai  media  pendidikan  karena menarik perhatian, meningkatkan minat dan motivasi belajar remaja mengenai gizi. Penggunaan media yang menarik, efektif dan efisien membuat remaja lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Media sosial telah menjadi bagian kehidupan remaja sehingga dapat digunakan sebagai media pendidikan. Pendidikan gizi dengan media sosial dapat dengan mudah diakses dan tidak terbatas ruang dan waktu.
Tujuan: Menganalisis pengaruh pendidikan gizi dengan video animasi dan media sosial terhadap pengetahuan, persepsi body image dan pola makan remaja.
Metode: Jenis penelitian Quasi Experimental Design  dengan rancangan Nonequivalent Control Group. Subjek penelitian siswa kelas XI IPA SMAN 1 Wates, SMAN 1 Girimulyo dan SMAN 1 Lendah masing-masing 42 remaja, penentuan dengan purposive sampling. Penelitian  dilaksanakan  I bulan,  1  kali  seminggu  kelompok  video  animasi  dan  3  kali seminggu kelompok media sosial. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon, Kruskal Wallis dan Regresi Binary Logistik dengan SPSS.
Hasil: Pendidikan gizi dengan video animasi berpengaruh terhadap pengetahuan (p=0.000), persepsi body image (p=0.000) dan pola makan (p<0 p=0.000), p=0.008) p=0.000) p=0.005)>0.05) kelompok pendidikan gizi dengan video animasi dan media sosial.
Kesimpulan: Ada pengaruh pendidikan gizi dengan video animasi dan media sosial terhadap pengetahuan, persepsi body image dan pola makan remaja. Ada perbedaan pengetahuan dan persepsi body image namun tidak ada perbedaan pola makan kelompok pendidikan gizi dengan video animasi dan media sosial.

Kata Kunci : Video animasi, media sosial, pengetahuan gizi, persepsi body image, pola makan

×
Penulis Utama : Ravi Masitah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S531508039
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Pendidikan Gizi dengan Video Animasi dan Media Sosial terhadap Pengetahuan, Persepsi Body Image dan Pola Makan Remaja
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Gizi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Gizi Minat Utama Human Nutrition-S531508039-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr., M.Pd.
2. Dr. Suminah, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.