Penulis Utama : Arif Dian Santoso
NIM / NIP : S301608001
×

ABSTRAK

Penelitian  ini  membahas  pemberdayaan  penyelesaian  sengketa  medik melalui mediasi oleh Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia untuk menjamin keadilan dalam hubungan dokter dan pasien. Majelis Kehormatan Disiplin  Kedokteran  Indonesia MKDKI selama  ini  dianggap  sebagai  lembaga mediasi yang bisa menyelesaikan sengketa medik, tugas MKDKI sendiri adalah menindak   terjadinya praktik kedokteran yang tidak memenuhi standart yang ditentukan.

Penelitian ini merupakan penelitian hukum preskriptif dengan pendekatan undang-undang, pendekatan kasus dan pendekatan konseptual. Teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan adalah studi pustaka. Teknik analisa bahan hukum yang digunakan adalah metode deduksi.

Hasil penelitian ini menunjukkan peraturan perundang-undangan menjelaskan MKDKI bukan lembaga mediasi yang bisa menyelesaikan sengketa medis, justru hasil tugasnya yang mengawasi praktik kedokteran  menjadi bahan untuk dilakukannya penyelesaian sengketa medik. Tujuan mediasi yaitu memberikan sebanyak-banyaknya keadilan kepada kedua belah pihak dan tidak ada kepentingan manapun didalamnya, untuk memilih seorang mediator merupakan  kesepakatan  pada keduabelah  pihak  yang  akan  menimbulkan  sifat netral agar tercapainya hubungan dokter dan pasien yang saling dinamis.

Penelitian ini merokomendasikan kepada pasien dan dokter untuk lebih mengerti dalam menyelesaikan sengketa medik melalui jalur mediasi agar tercapainya kepastian hukum dalam putusan penyelesaian sengketa medik. Dan untuk lebih mengerti tugas dan fungsi Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia yang oleh Konsil Kedokteran Indonesia diberikan wewenang dan tanggung jawab dalam melaksanakan pengawasan praktik kedokteran.

Kata kunci: Mediasi, Penyelesaian Sengketa Medik, Keadilan.

×
Penulis Utama : Arif Dian Santoso
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S301608001
Tahun : 2017
Judul : Pemberdayaan Mediasi yang Ditangani oleh Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia (MKDKI) untuk Penyelesaian Sengketa Medik Dalam Pelayanan Kesehatan Antara Dokter dan Pasien
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Hukum - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Hukum (Hukum Kesehatan)
Kolasi :
Sumber : UNS-F.HUKUM, Prog. Studi Magister Ilmu Hukum - S301608001-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Adi Sulistiyono, S.H., M.H
2. Dr. Isharyanto, S.H., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.