Penulis Utama : Miftah Bahrul Ilmi
NIM / NIP : A121108021
×

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah banyak siswa yang belum bisa berenang dan belum adanya media sajian yang efektif untuk pembelajaran renang gaya dada pada siswa kelas VII. Media sajian model gerakan oleh guru belum tentu lebih baik dibandingkan dengan menggunakan video compact disc (VCD). Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kemampuan gerak siswa, fisiologi siswa, sarana dan prasarana yang mendukung gerakan renang gaya dada.
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara media sajian model gerakan oleh guru, video compact disc dan kombinasi (media sajian model gerakan oleh guru dan video compact disc) terhadap hasil belajar renang gaya dada ditinjau dari jenis kelamin. Sedangkan tujuan khusus penelitian ini adalah  (1) untuk mengetahui  perbedaan pengaruh antara media sajian model gerakan oleh guru, video compact disc dan kombinasi (media sajian model gerakan oleh guru dan video compact disc) terhadap hasil belajar renang gaya dada, (2) untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara siswa dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan terhadap hasil belajar renang gaya dada, (3) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh interaksi antara media sajian model gerakan dan jenis kelamin terhadap hasil belajar renang gaya dada.
Metode penelitian ini termasuk metode eksperimental dengan rancangan factorial 3 x 2. Sedangkan variabel Penelitian ini adalah:
1. Variabel Independen, meliputi:
a. Variabel Manipulatif, merupakan perlakuan media pembelajaran, yaitu:
1) media sajian model gerakan oleh guru
2) Video compact disc
3) kombinasi (media sajian model gerakan oleh guru dan video compact disc).
b. Variabel atributif, merupakan variabel yang melekat pada sampel dan menjadi sifat dari sampel tersebut. Variabel atributif dalam penelitian ini adalah Jenis kelamin (laki-laki dan perempuan).
2. Variabel Dependen
Variabel dependen dalam penelitian ini adalah hasil belajar renang gaya dada.
    Media sajian kombinasi (media sajian model gerakan oleh guru dan video compact disc) mempunyai peningkatan lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang mendapatkan media sajian model gerakan oleh guru dan video compact disc. Dari angka-angka yang dihasilkan dalam analisis data menunjukkan bahwa perbandingan rata-rata peningkatan persentase hasil keterampilan renang gaya dada yang dihasilkan oleh kombinasi (media sajian model gerakan oleh guru dan video compact disc) yaitu 0,325 dengan media sajian gerakan oleh guru dan 1,375 dengan media sajian video compact disc.
Pada kelompok siswa yang memiliki jenis kelamin perempuan mempunyai peningkatan keterampilan renang gaya dada lebih tinggi dibandingkan dengan keompok siswa yang memiliki jenis kelamin laki-laki. Dari angka-angka yang dihasilkan dalam analisis data menunjukan bahwa perbandingan rata-rata peningkatan keterampilan renang gaya dada pada siswa yang memiliki jenis kelamin perempuan lebih tinggi dari pada kelompok siswa yang memiliki jenis kelamin laki-laki.
    Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut:
1. Terdapat perbedaan pengaruh antara media sajian model gerakan oleh guru, video compact disc dan kombinasi (media sajian model gerakan oleh guru dan video compact disc) terhadap hasil belajar renang gaya dada. Pengaruh media sajian kombinasi (media sajian model gerakan oleh guru dan video compact disc) lebih baik daripada media sajian model gerakan oleh guru dan video compact disc.
2. Tidak terdapat perbedaan signifikan antara siswa dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan terhadap hasil belajar renang gaya dada. Siswa dengan jenis kelamin perempuan lebih baik daripada siswa dengan jenis kelamin laki-laki terhadap hasil belajar renang gaya dada.
3. Terdapat pengaruh interaksi antara media sajian model gerakan dan jenis kelamin terhadap hasil belajar renang gaya dada. Siswa dengan jenis kelamin laki-laki maupun perempuan lebih baik dengan menggunakan media sajian kombinasi (media sajian model gerakan oleh guru dan video compact disc) dari pada media sajian gerakan guru maupun video compact disc.

Kata Kunci : Jenis Kelamin, Renang Gaya Dada, Hasil Belajar, Model Gerakan, Media Sajian 

×
Penulis Utama : Miftah Bahrul Ilmi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121108021
Tahun : 2016
Judul : Perbedaan Pengaruh Media Sajian Model Gerakan terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Dada Ditinjau dari Jenis Kelamin (Studi Eksperimen Media Sajian Model Gerakan Oleh Guru, Bantuan Alat Video Compact Disc, dan Kombinasi pada Siswa Kelas VII SMP di Kecamatan Babadan, Ponorogo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Keolahragaan-A121108021-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. M. Furqon H,, M.Pd.
2. Prof. Dr. Satimin Hadiwidjaja, dr, PAK, MARS.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.