Penulis Utama : Susilailiy Rahmawati
NIM / NIP : K7115169
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan model Quantum Teaching, (2) mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar matematika, dan (3) menganalisis kendala dan solusi penerapan model Quantum Teaching dalam peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 2 Kertodeso tahun ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan lima pertemuan. Pada setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Kertodeso yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan studi dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik sedangkan validitas isi menggunakan kisi-kisi. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan model Quantum Teaching yaitu: (a) tumbuhkan, (b) alami, (c) namai, (d) demonstrasikan, (e) ulangi, dan (f) rayakan, (2) penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil angket motivasi belajar matematika. Angket motivasi belajar pada siklus I mencapai persentase 70,83%, pada siklus II naik menjadi 85,42%, dan pada siklus III menjadi 87,50%, (3) kendala dalam penelitian ini antara lain yaitu: (a) siswa kurang fokus dalam memperhatikan penjelasan guru dan presentasi kelompok, (b) siswa masih perlu bimbingan dalam menulis rangkuman materi. Solusi dari kendala tersebut yaitu: (a) guru hendaknya lebih aktif dan kreatif dalam memusatkan perhatian siswa dalam belajar, (b) guru memberikan bimbingan secara lebih intensif kepada siswa agar dapat menulis rangkuman materi.
Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 2 Kertodeso tahun ajaran 2018/2019.
Kata kunci : quantum teaching, motivasi belajar, matematika

 

×
Penulis Utama : Susilailiy Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115169
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Model Quantum Teaching Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Kertodeso Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7115169-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Joharman, M.Pd.,
2. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.