Penulis Utama : Fitri Yuliantri Permana
NIM / NIP : S231508029
×

Abstrak

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan fungsi pencegahan korupsi melalui pendidikan antikorupsi, sosialisasi pemberantasan korupsi, dan  kampanye antikorupsi. Satu kampanye yang sedang dilaksanakan KPK bekerja sama dengan Australia-Indonesia Partnershp for Justice (AIPJ) adalah kampanye antikorupsi dalam bentuk gerakan sosial bernama gerakan Saya Perempuan Antikorupsi (SPAK). yang secara khusus memosisikan perempuan sebagai mitra strategis dalam upaya pencegahan antikorupsi. Gerakan SPAK dirancang dengan mempertimbangkan posisi perempuan terkait isu korupsi di Indonesia.
Penelitian ini bertujuan menganalisis karakteristik perempuan sebagai komunikator dalam Gerakan SPAK dengan menggunakan teori komunikasi berbasis gender (Genderlect Styles Tannen serta Gender and Communication Pearson, West, dan   Turner).   Secara   khusus   penelitian   ini   bertujuan   mendeskripsikan   dan menganalisis persepsi agen SPAK sebagai perempuan antikorupsi, gaya berkomunikasi agen SPAK, dan peran perempuan sebagai komunikator dalam melancarkan  gerakan  SPAK.  Penelitian  dilakukan  melalui  studi  kasus  pada agen SPAK DWP Kemenag dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi. Analisis data menggunakan model interaktif, yaitu melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa agen SPAK mempersepsikan diri sebagai perempuan antikorupsi dengan kesadaran untuk menerapkan dan menyebarkan perilaku antikorupsi dimulai dari diri sendiri, sehingga bisa memberikan pemahaman yang sama terhadap keluarga, melalui figur sebagai ibu dan istri yang ideal. Gaya berkomunikasi agen SPAK memperlihatkan kecenderungan raport talk (membangun hubungan, empati, dan berbagi perasaan) yang dapat menciptakan  kenyamanan  pada  komunikan.  Pelibatan  perempuan  sebagai komunikator mendorong kelancaran kegiatan SPAK pada DWP Kemenag karena kesamaan pemahaman posisi dan persepsi dalam isu korupsi, menciptakan kenyaman, memperkecil peluang terciptanya konflik, serta sikap saling mendukung sesama perempuan.

Kata Kunci : gerakan SPAK, DWP Kemenag, gaya komunikasi perempuan

×
Penulis Utama : Fitri Yuliantri Permana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S231508029
Tahun : 2017
Judul : Perempuan dalam Kampanye Antikorupsi Studi Kasus Gaya Komunikasi Agen SPAK (Saya Perempuan Anti Korupsi) pada Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Komunikasi (Manajemen Komunikasi)
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Ilmu Komunikasi-S231508029-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sutopo, JK., M.S.
2. Dr. Andre Rahmanto, S.Sos., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.