Penulis Utama : Haris Kukuh Triasmono
NIM / NIP : A121408055
×

Abstrak

Lompat jauh adalah melompat untuk mencapai hasil sejauh-jauhnya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kebenaran tentang faktor kemampuan fisik yang meliputi power otot tungkai, power otot perut, fleksibilitas togok, fleksibilitas punggung, kecepatan dan koordinasi mata kaki dalam memprediksi prestasi lompat jauh gaya menggantung pada siswa putra SMP.
Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  kuantitatif  dengan  Metode Penelitian Korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa putra SMP Negeri 2 Bulukerto, jumlah sampel 100 siswa. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu kemampuan fisik yang meliputi power otot tungkai, power otot perut, fleksibilitas togok, fleksibilitas punggung, kecepatan dan koordinasi mata kaki. Variabel terikat yaitu prestasi lompat jauh gaya menggantung. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi regresi dengan melakukan pengujian prasyarat uji normalitas dan linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi dan korelasi masing-masing prediktor dan analisis regresi ganda serta korelasi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika faktor kemampuan fisik secara bersamaan memprediksi prestasi lompat jauh gaya menggantung, maka akan terjadi peningkatan prestasi lompat jauh gaya menggantung sebesar 1,0925 untuk setiap peningkatan1 unit pengukuran power otot tungkai, peningkatan sebesar 0,0582 untuk setiap peningkatan 1 unit pengukuran power perut, peningkatan sebesar 0,306 untuk setiap peningkatan 1   unit   pengukuran fleksibilitas togok, peningkatan sebesar 0,627 untuk setiap peningkatan 1 unit pengukuran fleksibilitas punggung, peningkatan sebesar 0,269 untuk setiap peningkatan 1 unit pengukuran kecepatan, dan peningkatan sebesar 0,0184 untuk setiap peningkatan 1 unit pengukuran koordinasi mata kaki..
Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor kemampuan memiliki hubungan dan dapat memprediksi prestasi lompat jauh gaya menggantung.

Kata Kunci : kemampuan fisik, prediksi lompat jauh gaya menggantung

×
Penulis Utama : Haris Kukuh Triasmono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121408055
Tahun : 2017
Judul : Prediksi Prestasi Lompat Jauh Gaya Menggantung Ditinjau dari Faktor Kemampuan Fisik Siswa Putra SMP (Studi Korelasional Power Otot Tungkai, Power Otot Perut, Fleksibilitas Togok, Fleksibilitas Punggung, Kecepatan dan Koordinasi Mata Kaki pada Siswa Putra SMP Negeri 2 Bulukerto)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Ilmu Keolahragaan-A121408055-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto.
2. Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.