Penulis Utama : Widana Primaningtyas
NIM / NIP : S021508063
×

Abstrak

Latar belakang: Acinetobacter baumannii merupakan bakteri oportunis gram negatif yang mempunyai kemampuan bertahan yang tinggi di lingkungan. Carbapenem adalah drug of choice untuk infeksi yang disebabkan oleh Acinetobacter baumannii, yang dalam dekade terakhir prevalensi Carbapenem Resistant Acinetobacter baumannii (CRAB) mengalami peningkatan. CRAB banyak ditemukan pada kasus infeksi nosokomial bahkan menjadi disease outbreak dan epidemi di berbagai rumah sakit. Namun untuk CRAB pada community associated infection data yang ada masih terbatas terutama di Indonesia. Oleh karena itu peneliti bermaksud melakukan penelitian faktor penyebab terjadinya CRAB pada hospital and community setting dalam hal ini pada pasien  Healthcare Associated Infection (HCAI).
Subjek dan Metode: Penelitian ini merupakan studi analitik observasional, de¬-ngan desain case control. Penelitian dilaksanakan di RS Dr. Moewardi  Surakarta pada bulan Maret-Agustus  2017. Pengambilan subjek menggunakan metode fixed disease  sam¬pling dengan jumlah sampel yang didapatkan 104 subjek. Variabel dependen adalah kejadian resistensi Acinetobacter baumannii terhadap antibiotik carbapenem pada pasien HCAI. Variabel independen adalah riwayat penggunaan antibiotik, status fungsional pasien, perawatan di intensive unit dan kondisi komorbid. Variabel dependen dan independen diukur menggunakan check list kuisioner dan kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi logistik berganda.
Hasil: Riwayat antibiotik sebelumnya yang tidak sesuai (OR= 8.441; CI 95% = 2.23 hingga 31.91; p = 0.002) dan status fungsional pasien dengan skor KPS <40 xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed>2 (OR= 2.652; CI 95% = 0.81 hingga 8.66; p = 0.106) meningkatkan risiko kejadian resistensi Acinetobacter baumannii terhadap carbapenem (CRAB) pada pasien Healthcare-Associated Infections (HCAI) meskipun secara statistik tidak signifikan.
Kesimpulan: Riwayat kesesuaian antibiotik sebelumnya dan status fungsional pasien merupakan faktor yang mempengaruhi terjadinya resistensi Acinetobacter baumannii terhadap carbapenem (CRAB) pada pasien Healthcare-Associated Infections (HCAI).

Kata Kunci : Acinetobacter baumannii, carbapenem, healthcare associated infection

×
Penulis Utama : Widana Primaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021508063
Tahun : 2017
Judul : Faktor-Faktor Penyebab Resistensi Acinetobacter Baumannii terhadap Antibiotik Carbapenem pada Pasien dengan Healthcare Associated Infection (HCAI) di Rumah Sakit Dr.Moewardi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat-S021508063-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eti Poncorini P, dr., M.Pd.
2. Dr.dr. Sugiarto, Sp.PD, KEMD, FINASIM.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.