Penulis Utama : Adventya Widyastiti
NIM / NIP : K4213003
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1)kualitas proses pembelajaran menulis sinopsis teks cerita Bima Bungkus; dan (2) hasil pembelajaran keterampilan menulis sinopsis teks cerita Bima Bungkus pada siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Patikraja melalui penerapan strategi belajar Show Not Tell. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Patikraja yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan kajian dokumen. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Show Not Tell dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan keterampilan menulis sinopsis cerita Bima Bungkus siswa dari siklus I hingga ke siklus II. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya perubahan dan  peningkatan kualitas proses pembelajaran (Keaktifan dan Kesantunan Berbahasa Siswa) dan hasil tulisan sinopsis cerita Bima Bungkus siswa. Presentase  keaktifan siswa pada siklus  I
65,79% meningkat menjadi 90,79% pada siklus II. Presentase kesantunan berbahasa siswa pada siklus I 80,27% meningkat menjadi 92,11% pada siklus II. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I 55,26% meningkat menjadi 73,68% pada siklus II.

Kata Kunci : keaktifan, kesantunan berbahasa, Bima Bungkus, sinopsis, dan Show
Not Tell

×
Penulis Utama : Adventya Widyastiti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4213003
Tahun : 2017
Judul : Peningkatan Keterampilan Menulis Sinopsis Cerita Bima Bungkus melalui Penerapan Strategi Show Not Tell pada Siswa Kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Patikraja Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Jawa-K4213003-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Atikah Anindyarini, SS., M.Hum.
2. Dr. Djoko Sulaksono, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.