Penulis Utama : Nurul Bisyarati
NIM / NIP : S351508030
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kedudukan anak angkat pada masyarakat   muslim   di   Kauman   Kota   Surakarta   dan   juga   untuk   mengetahui pelaksanaan perolehan harta warisan dari orangtua angkat kepada anak angkat di Kauman Kota Surakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian hukum empiris dengan sifat penelitian deskriptif yang menggambarkan menyeluruh mengenai masalah yang diteliti. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang dilengkapi dengan data sekunder. Data primer yang diperoleh langsung dari sumber data melalui wawancara. Data sekunder yang diperoleh melaui penelusuran bahan-bahan hukum yang bersifat primer, sekunder bahkan tersier. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini  adalah  teknik  studi  lapangan  dan  studi  pustaka.  Teknik  analisa  data  yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif model interaktif.
Hasil penelitian menyatakan bahwa : (1) Kedudukan anak angkat pada masyarakat muslim   di   Kauman   Kota   Surakarta   adalah   dianggap   sebagai   anak   kandung berdasarkan terjadinya pemalsuan terhadap persyaratan-persyaratan Akta Kelahiran yang mencantumkan anak angkat tersebut sebagai anak kandung. Hal ini bertentangan dengan  Hukum   Islam  karena  anak  angkat   tetaplah  anak  angkat,  yang  tidak mempunyai hubungan darah ataupun keturunan (nasab), (2) Pelaksanaan pemberian harta dari orangtua angkat kepada anak angkat dalam masyarakat muslim di Kauman Kota Surakarta yaitu perolehan harta oleh anak angkat melalui ahli waris sejati berupa pemberian rumah, hal ini dibenarkan karena sesuai dengan prinsip kompilasi hukum Islam.
Implikasi dari penelitian ini  yaitu pentingnya  fungsi dan kedudukan  anak  angkat dalam  suatu  keluarga  serta  pentingnya  penegakan  hukum  Islam  dan  Kompilasi Hukum Islam yang dijadikan arah atau pedoman dalam penerapan kehidupan masyarakat muslim.
Kata Kunci : Hukum Waris Islam; Anak Angkat; Masyarakat Muslim

×
Penulis Utama : Nurul Bisyarati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S351508030
Tahun : 2017
Judul : Pelaksanaan Pewarisan dari Orangtua Angkat kepada Anak Angkat dalam Masyarakat Muslim di Kauman Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Hukum - 2017
Program Studi : S-2 Kenotariatan
Kolasi :
Sumber : UNS-F.HUKUM, Prog. Studi Magister Kenotariatan - S351508030-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Burhanudin Harahap S.H., M.H.,M.Si.,Pd.D,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.