Penulis Utama : Ziyad
NIM / NIP : S351602052
×

ABSTRAK

Penelitian ini untuk mengetahui menerapkan Asas Proposionalitas pada pembuatan perjanjian kredit di bank dan menerapkan prinsip kehati-hatian terhadap perjanjian kredit perbankan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian hukum normatif. Penelitian ini bersifat preskriptif  dengan  mengunakan  pendekatan  normatif-terapan.  Jenis  bahan  hukum yang digunakan terdiri dari bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui studi kepustakaan. Teknik analisis data  yang  digunakan  adalah  menggunakan  teknik  analisis  data  dengan  logika deduktif, yaitu menarik kesimpulan dari yang bersifat umum menjadi kasus yang bersifat individual.
Dari  penelitian  yang  telah  dilakukan  diperoleh  hasil  bahwa  Asas proporsionalitas tidak hanya penting untuk menghasilkan kontrak yang berkeadilan dan  saling  menguntungkan  (keadilan  substansial),  namun  dengan  asas proporsionalitas penting juga untuk menekankan adanya fairness (keadilan dalam prosedur), sehingga atas perannya tersebut seyogyanya asas proporsionalitas dapat selalu terlibat dalam setiap proses pembentukan kontrak serta Perjanjian kredit bank yang memuat klausul baku (standard contract) kurang mencerminkan asas Proposionalitas. karena banyak terdapat klausul yang mewajibkan nasabah untuk tunduk terhadap segala petunjuk dan peraturan bank, baik yang sudah ada atau yang akan diatur kemudian, sementara itu kewajiban pihak bank hanya memberikan kredit sejumlah yang telah diperjanjikan dalam perjanjian kredit tersebut.
Kedua, Penerapan prinsip kehati-hatian (prudential banking principle) dalam pemberian kredit dapat diartikan sebagai prinsip yang diterapkan oleh bank dalam menjalankan usahanya, agar senantiasa sesuai dengan ketentuan-ketentuan perbankan yang berlaku, guna menghindari penyimpangan praktek perbankan yang tidak sehat dan untuk meminimalisasi kerugian yang terjadi pada bank seperti kredit macet.

Kata kunci : Asas Proposionalitas, prinsip kehati-hatian, Hukum Perbankan

×
Penulis Utama : Ziyad
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S351602052
Tahun : 2017
Judul : Asas Proposionalitas dan Prinsip Kehati-Hatian pada Perjanjian Kredit
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Hukum - 2017
Program Studi : S-2 Kenotariatan
Kolasi :
Sumber : UNS-F.HUKUM, Prog. Studi Magister Kenotariatan - S351602052-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Adi Sulistiyono,S.H.,M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.