Penulis Utama : Eri Satria Yudatama
NIM / NIP : K8413026
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perilaku anggota keluarga pemakai smartphone. (2) Mengetahui dinamika yang diwujudkan dalam hubungan antar anggota keluarga pemakai smartphone. (3) Melakukan analisis dengan konsep deteritorialisasi dalam keluarga pemakai smartphone di Kota Surakarta.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif dan wawancara mendalam. Informan yang digunakan sebagai sumber data pada penelitian ini adalah 3 keluarga dengan kelas berbeda yang bertempat tinggal di Kota Surakarta. Teknik pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari empat tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Perilaku anggota keluarga dalam menggunakan   smartphone   di   Kota   Surakarta   untuk   berkomunikasi,   mencari informasi, akses internet, dan menggunakan berbagai fitur lain di dalamnya. Anggota keluarga  di  dalam  rumah  juga  memiliki  perilaku  kebiasaan  dalam  penggunaan smartphone yang dimilikinya, ada waktu-waktu dimana anggota keluarga sering menggunakan smartphone. (2) Terjadi dinamika dalam hubungan antar anggota keluarga pemakai smartphone. Pertama dalam hal sosialisasi, smartphone mampu menjadi fungsi kontrol atau pengawas bagi anggota keluarga dan smartphone menjadi sumber  pengetahuan  baru  dan  menjadi  arena  baru  untuk  mencari  penyelesaian masalah bagi anak. Kedua, dalam hal interaksi dalam keluarga, smartphone membuat anggota keluarga terkadang sibuk dengan smartphone yang dimilikinya. Hal ini mengakibatkan komunikasi di dalam rumah menjadi kurang baik. Namun, disisi lain smartphone mampu memudahkan komunikasi dan interaksi ketika anggota keluarga saling berjauhan. Sehingga memberikan komunikasi yang lebih cepat dan efisien. (3) Dinamika yang terjadi dalam keluarga pemakai smartphone menunjukan bahwa keluarga di perkotaan saat ini telah mengalami “deteritorialisasi”. Anggota-anggota keluarga mampu keluar dari teritorial ruang keluarga ketika mereka berada di dalam rumah  sebuah  institusi  keluarga.  Hal  ini  mengahsilkan  dinamika  dan  penciptaan ruang  baru  berupa  “ruang  virtual”  dan  “ruang  konsumsi”  dalam  rumah-rumah keluarga di Kota Surakarta. Disisi lain, ada sebuah skema baru yang dapat digamabarkan dari kasus keluarga pemakai smartphone ini adalah adanya negosiasi atau penyesuaian-penyesuaian yang dilakukan oleh anggota keluarga melalui sosialisasi dan interaksi dalam rumah keluarga pemakai smartphone.

Kata Kunci : keluarga perkotaan, smartphone, sosialisasi, interaksi, deteritorialisasi

×
Penulis Utama : Eri Satria Yudatama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8413026
Tahun : 2017
Judul : Smartphone dan Keluarga (Deteritorialisasi dalam Keluarga Pemakai Smartphone di Kota Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Sosiologi Antropologi-K8413026-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. rer. nat. Nurhadi, S.Ant., M.Hum.
2. Atik Catur Budiati S.Sos, MA.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.