Penulis Utama : Agung Prastyo Aji
NIM / NIP : D0113003
×

Abstrak

Melihat kurangnya profesionalisme para petugas dan kesadaran warga untuk menjaga fasilitas umum pada zaman sekarang. Berbeda dengan yang terjadi di Desa Krendowahono dimana pemanfaatan sarana prasarana tergolong tinggi tetapi Kabupaten Karanganyar masih masuk dalam kategori daerah yang keberfungsian sarana air minum (Pamsimas) tinggi di Jawa Tengah dan tidak ada sarana prasarana yang tidak berfungsi di daerahnya. Atas dasar alasan ini penulis tertarik meneliti efektivitas pelaksanaan program Pamsimas di Desa Krendowahono Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar apakah pelaksanaanya sebaik dengan hasil atau keberfungsianya.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauhmana efektivitas pelaksanaan program Pamsimas di Desa Krendowahono Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar dengan menggunakan kriteria efektivitas menurut Budiani.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, karena desain penelitian ini dinilai paling tepat untuk mendeskripsikan efektivitas pelaksanaan program Pamsimas di Desa Krendowahono. Sumber data dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik penentuan informan adalah purposive sampling, Validitas data dengan menggunakan triangulasi sumber dan Teknik analisa data menggunakan model analisis data interaktif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program Pamsimas di Desa Krendowahono dalam segi pemeliharaan dan pengoperasian sarana prasarana khususnya air minum dapat dikatakan efektif.

Kata Kunci : Efektivitas, Pamsimas, Operasional dan Pemeliharaan

×
Penulis Utama : Agung Prastyo Aji
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0113003
Tahun : 2017
Judul : Efektivitas Program Pemeliharaan dan Pengoperasian Sarana Prasarana Pamsimas di Desa Krendowahono Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Jur. Administrasi Publik-D0113003-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Is Hadri Utomo, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.