Penulis Utama : Siti Amanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0113056
Tahun : 2017
Judul : Serat Raja Bilngon (Suntingan Teks dan Analisis Kepemimpinan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Jur. Sastra Daerah-C0113056-2017
Subyek : SERAT RAJA BILNGON, FILOLOGI, KEPEMIMPINAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana teks Sêrat Raja Bilngon yang bersih dari kesalahan setelah dilakukan kerja filologis? (2) bagaimana ajarankepemimpinan yang ada pada Sêrat Raja Bilngon?
Tujuan penelitian ini adalah (1) menyajikan teks Sêrat Raja Bilngon yang bersih dari kesalahan setelah dilakukan kerja filologis (2) mengungkapkan ajaran kepemimpinan yang ada pada Sêrat Raja Bilngon.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian filologi, yang objek kajiannya mendasarkan pada manuskrip (naskah tulisan tangan). Penelitian ini bersifat deskriptif   kualitatif.   Jenis   penelitian   yang   digunakan   adalah   penelitian perpustakaan atau library research. Sumber data pada penelitian ini yaitu naskah Sêrat Raja Bilngon yang tersimpan di Museum Sanabudaya Yogyakarta dengan nomor katalog MSB/L.283 PB. A 231 dan teks SRB yang telah disunting. Data dalam penelitian ini yaitu teks SRB dan nilai-nilai kepemimpinan dalam teks SRB yang telah disunting secara kerja filologis.
Teknik pengumpulan data dimulai dari pencarian naskah milik pribadi atau milik instansi. Kemudian dilanjutkan metode studi pustaka dengan menelusuri dari berbagai katalog agar diketahui naskah tunggal atau jamak. Kemudian dilanjutkan   mengumpulkan   data   dengan   teknik   digitalisasi   naskah   dan transliterasi. Langkah selanjutnya yaitu melakukan teknik content analysis dengan mengungkapkan nilai-nilai kepemimpinan yang ada di dalam teks SRB.
Teknik analisis data dilakukan melalui teknik analisis filologi dan analisis isi teks. Analisis naskah Sêrat Raja Bilngon menggunakan metode kritik teks naskah tunggal, yakni edisi standar/edisi kritis. Analisis isi naskah menggunakan analisis interpretasi.
Berdasarkan hasil analisis data dalam naskah Sêrat Raja Bilngon koleksi Museum Sanabudaya Yogyakarta, ditemukan varian-varian yaitu 60 varian lakuna huruf, 23 lakuna suku kata, 16 lakuna kata,1 lakuna kelompok kata, 23 varian adisi huruf, 5 adisi suku kata, 2 varian adisi kata, 1 saut du meme au meme,16 varian hiperkorek, 3 ditografi, dan 9 kesalahan penulis. Hasil dari penelitian ini yaitu didapatkan teks Sêrat Raja Bilngon yang bersih dari kesalahan. Sêrat Raja Bilngon  berisi  tentang  ajaran  kepemimpinan   yang  meliputi:  Berbakti  dan Mengabdi kepada Sang Pencipta, Berhati Lembut, Bermusyawarah, Adil, dan Mampu Mendamaikan Pihak yang Berselisih.

Kata Kunci : Sêrat Raja Bilngon, filologi, kepemimpinan

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sutarjo, M. Hum.
2. Drs. Supardjo, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya