Penulis Utama : Dieni Laylatul Zakia
NIM / NIP : S041502005
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) langkah-langkah pengembangan majalah Educa untuk siswa tunarungu kelas XI SMALB, (2)   kualitas majalah Educa sebagai media pembelajaran IPA, (3) efektivitas penggunaan majalah  Educa dalam proses pembelajaran IPA siswa tunarungu.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan terdiri dari 10 tahap : studi pendahuluan, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba terbatas produk, revisi produk, uji coba lapangan luas, revisi produk, uji efektivitas dan diseminasi.
Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa (1) majalah  Educa untuk anak tunarungu dikembangkan melalui beberapa proses yaitu penemuan ide atau gagasan, perencanaan, pemilihan dan pengumpulan bahan baku informasi, mendesain tampilan  visual  majalah,  pencetakan  dan  sirkulasi;  (2)  Kualitas  kelayakan  majalah Educa berdasarkan validasi ahli, uji coba terbatas dan uji coba lapangan utama adalah layak digunakan untuk pembelajaran IPA siswa tunarungu; (3) majalah Educa efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran di kelas.

Kata Kunci : majalah, media pembelajaran, IPA, tunarungu

×
Penulis Utama : Dieni Laylatul Zakia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S041502005
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Majalah Educa sebagai Media Pembelajaran IPA Siswa Tunarungu
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Luar Biasa-S041502005-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sunardi, M. Sc.
2. Dr. Sri Yamtinah, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.