Penulis Utama : Yanky Satriawan
NIM / NIP : I8714049
×

Abstrak

Perumahan adalah kelompok rumah yang berfungsi sebagai lingkungan tempat tinggal atau  lingkungan  hunian  yang dilengkapi dengan prasarana dan  sarana lingkungan (UU No.4 tahun 1992). Oleh karena itu, perumahan merupakan salah satu  elemen yang terkait dalam pembangunan wilayah. Apabila dilihat secara makro, dalam melakukan pembangunan, khususnya pembangunan perumahan dan permukiman,   seharusnya  dilakukan   sinkronisasi   antara   dua  sistem, yaitu perkotaan dan pedesaan. Hal ini harus diupayakan guna menghindari terjadinya over   load  (kelebihan   beban)   pada   lingkungan   perumahan   dalam   wilayah perkotaan  yang  dapat  menimbulkan  dampak  yang tidak  menguntungkan  bagi wilayah perkotaan maupun wilayah di belakangnya (hinterland), yang biasanya adalah suatu wilayah pedesaan. Oleh karena itu perencanaan sebuah perumahan memegang peranan yang sangat penting dalam pengendalian laju pembangunan agar berdampak positif dan berkesinambungan. Perencanaan itu harus dilakukan, dimulai dari perencanaan rumah-rumah hingga perencanaan lingkungan permukiman dan ruang perkotaan, bahkan hingga perencanaan wilayah.

Pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur serta menggunakan data yang dimiliki oleh instansi terkait dalam hal ini adalah Perumahan Griya Tifara Kecamatan Gondangrejo. Metode pengolahan data dilakukan secara manual dengan menggunakan pengukuran langsung di lapangan untuk mencari luas keseluruhan lahan yang akan dibangun kompleks Perumahan Griya Tifara III.

Setelah dilakukan perhitungan maka luas lahan yang dibangun pada  Perumahan Griya Tifara III terdiri dari luas fasilitas perumahan (terbangun)   58.43 %   dan luas fasilitas lingkungan (terbuka)   41.57 % dengan total 4422 m2 yang artinya memenuhi syarat perbandingan antara wilayah terbangun dengan wilayah terbuka yaitu sebesar 70% : 30%. Perumahan Griya Tifara III merencanakan bangunan hunian sebanyak  34 unit.

Kata Kunci : Perencanaan Perumahan

×
Penulis Utama : Yanky Satriawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8714049
Tahun : 2017
Judul : Perencanaan Site Plan Perumahan Griya Tifara III Wonorejo, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2017
Program Studi : D-3 Teknik Sipil Infrastruktur
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik Prog. DIII Teknik Sipil Infrastruktur Perkotaan-I8714049-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Siti Qomariyah M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.