Penulis Utama : Ina Yuliyati
NIM / NIP : K3313036
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kreativitas siswa degan model Teams Assisted Individualization (TAI) berkombinasi Drill and Practice pada materi stoikiometri kelas X MIPA 3 SMA Batik 1 Surakarta, (2) prestasi belajar siswa dengan model Teams Assisted Individualization (TAI) berkombinasi Drill  and  Practice  pada  materi  stoikiometri  kelas  X  MIPA  3  SMA  Batik  1 Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdapat  empat tahapan  yang terdiri dari: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 3 SMA Batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan modelpembelajaran kooperatif Teams Assisted Individualization (TAI) berkombinasi  Drill  and  Practice    dapat  meningkatkan  kreativitas  siswa  pada materi stoikiometri kelas X MIPA 3 SMA Batik 1 Surakarta.Pada siklus I, ketercapaian  kreativitas  sebesar  57,5%  dan  pada  siklus  II meningkat  menjadi 75%, (2) penerapan model pembelajaran kooperatif Teams Assisted Individualization  (TAI) berkombinasi  Drill  and Practice    dapat  meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi stoikiometri kelas X MIPA 3 SMA Batik 1 Surakarta. Ditunjukkan dari aspek pengetahuan pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar  sebesar 55% dan pada siklus II meningkat menjadi 85%. Sedangkan untuk prestasi  belajar  aspek  sikap  dan  keterampilan  hanya  dilakukan  pada  siklus  I karena telah mencapai target ketuntasannya yaitu sebesar 96,50% dan 100%.

Kata Kunci : TAI, Drill and Practice, kreativitas, prestasi belajar, stoikiometri

×
Penulis Utama : Ina Yuliyati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3313036
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Assisted Individualization (TAI) Berkombinasi Drill and Practice untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar pada Materi Stoikiometri Kelas X MIPA 3 SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Kimia-K3313036-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agung Nugroho C.S., S.Pd., M.Sc.
2. Widiastuti Agustina E.S., S.Si., M.S.i.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.