Penulis Utama : Vonia Suci Widiastuti
NIM / NIP : K3313071
×

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh penerapan model pembelajaran discovery-inquiry terbimbing dan bebas termodifikasi terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam; (2) pengaruh sikap ilmiah tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam; dan (3) interaksi antara model pembelajaran discovery-inquiry terbimbing dan bebas termodifikasi terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen desain faktorial 2x2. Sampel terdiri dari 2 kelas yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian yaitu kelas XI MIA 1 (discovery- inquiry terbimbing) dan kelas XI MIA 2 (discovery-inquiry bebas termodifikasi). Pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumentasi, tes, angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji non parametrik dengan uji Mann Whitney dan Kruskall Wallis yang terdapat dalam software SPSS 23 dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tidak ada pengaruh model pembelajaran discovery-inquiry terbimbing dan bebas termodifikasi terhadap prestasi aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan terhadap prestasi belajar siswa; (2) terdapat  pengaruh  sikap ilmiah  tinggi  dan  rendah  terhadap  prestasi  aspek keterampilan, sedangkan pada prestasi aspek pengetahuan dan sikap tidak ada pengaruh sikap ilmiah tinggi dan rendah; dan (3) tidak ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran discovery-inquiry terbimbing dan bebas termodifikasi dengan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar siswa.

Kata Kunci : discovery-inquiry terbimbing, discovery-inquiry bebas termodifikasi,
sikap ilmiah, prestasi belajar, metode eksperimen

×
Penulis Utama : Vonia Suci Widiastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3313071
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Discovery-Inquiry Terbimbing dan Bebas Termodifikasi Ditinjau dari Sikap Ilmiah terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI Semester Genap SMA N 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Kimia-K3313071-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Elfi Susanti VH, S.Si., M.Si.
2. Dr. Endang Susilowati, S.Si., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.