Penulis Utama : Farha Naily Fawzia
NIM / NIP : G0013091
×

ABSTRAK

Pendahuluan: Dalam upaya mencapai kompetensi keterampilan klinis bagi mahasiswa didiknya, FK UNS menyelenggarakan kegiatan Skills Lab. Dalam kegiatan pembelajaran keterampilan klinis, terdapat beberapa komponen yang terlibat, salah satunya adalah instruktur. Kriteria instruktur klinis telah banyak dibahas dalam beberapa penelitian. Akan tetapi, belum banyak penelitian yang membahas instruktur yang efektif dalam setting laboratorium keterampilan. Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis ingin meneliti bagaimana persepsi mahasiswa terhadap instruktur Skills Lab di FK UNS.

Metode penelitian: Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta pada Oktober- November 2016. Partisipan pada penelitian ini adalah mahasiswa tahun kedua, ketiga,  dan  keempat  Fakultas  Kedokteran  UNS.  Metode  pengumpulan  data melalui Focus Group Discussion (FGD) dan one-on-one interview. Analisis data dilakukan melalui content analysis.Validasi data dilakukan dengan metode triangulasi, peer debriefing, dan member checking.

Hasil penelitian: Dalam perspektif mahasiswa instruktur yang ideal adalah yang memiliki karakter antusias, available, disiplin, memotivasi, empati, profesional, ramah,   dapat   menjadi   panutan,   dan   sabar.   Dalam   kategori   keterampilan komunikasi dan interpersonal, mahasiswa menyebutkan instruktur yang ideal adalah yang memberikan feedback, interaktif, dan memiliki keterampilan interpersonal. Sedangkan dalam kategori kompetensi klinis, intruktur yang ideal adalah yang memiliki kompetensi sesuai dengan topik pembelajaran, berwawasan, dan memiliki keterampilan penalaran klinis. Instruktur yang ideal juga adalah yang memiliki keterampilan mengajar, menggunakan kegiatan yang menunjang pembelajaran, mendemonstrasikan keterampilan, memberi kesempatan simulasi, lebih banyak mengajarkan keterampilan, berorientasi checklist dan OSCE, serta memiliki persepsi yang sama dengan instruktur lainnya.

Simpulan penelitian: Instruktur memiliki peran penting untuk membantu mahasiswa meraih pencapaian dalam belajar. Terdapat berbagai karakteristik instruktur Skills Lab ideal yang disebutkan oleh mahasiswa. Karakteristik tersebut dikategorikan dalam karakter, keterampilan komunikasi dan interpersonal, kompetensi keilmuan, serta keterampilan mengajar dan metode pembelajaran dalam Skills Lab.

Kata kunci: instruktur ideal, Skills Lab, pembelajaran keterampilan klinis

×
Penulis Utama : Farha Naily Fawzia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0013091
Tahun : 2017
Judul : Persepsi Mahasiswa terhadap Instruktur Skills Lab yang Efektif
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran, Prog. Studi Kedokteran - G0013091-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ari Natalia Probandari, dr., MPH., Ph.D.,
2. Suyatmi, dr., M.Biomed Sci
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.