Penulis Utama : Christopher Brillianto
NIM / NIP : G0013064
×

ABSTRAK

Latar  Belakang:   Penyakit  campak  merupakan  penyakit   yang  mematikan, terutama bagi anak usia di bawah 5 tahun. Dengan penggunaan imunisasi campak yang mulai dikenalkan pada tahun 2000-an, angka kematian akibat campak mulai berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan imunisasi campak dengan mengaplikasikan teori Health Belief Model.

Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan case control yang dilaksanakan pada bulan Januari 2017 di Kecamatan Grogol, Kecamatan Jebres, dan Kecamatan Getasan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik fixed disease sampling dan didapatkan 137 responden. Data yang diperoleh berupa hasil wawancara kuesioner faktor-faktor yang   mempengaruhi   penggunaan   imunisasi   campak   pada   responden   yang memiliki balita dengan usia 9-59 bulan. Variabel bebas yaitu persepsi kerentanan anak terhadap penyakit, persepsi hambatan dalam mengimunisasikan persepsi manfaat imunisasi campak, persepsi keseriusan penyakit campak, isyarat untuk bertindak,  efikasi  diri,  dengan  variabel  terikat  yaitu  penggunaan  imunisasi campak. Analisis data menggunakan uji Chi-square melalui program SPSS 22.00 for Windows dan uji regresi logistik sebagai analisis multivariat.

Hasil Penelitian: Hasil analisis menunjukkan persepsi kerentanan anak terhadap penyakit  dan  isyarat  untuk  bertindak  mempengaruhi  penggunaan  imunisasi campak (p<0>0,05).

Simpulan Penelitian: Terdapat hubungan positif antara persepsi kerentanan anak terhadap penyakit, isyarat untuk bertindak dengan penggunaan imunisasi campak pada responden yang memiliki balita dengan usia 9-59 bulan.

Kata Kunci: Imunisasi campak, health belief model, faktor yang mempengaruhi penggunaan imunisasi

×
Penulis Utama : Christopher Brillianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0013064
Tahun : 2017
Judul : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Imunisasi Campak: Aplikasi Teori Health Belief Model
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran, Prog. Studi Kedokteran - G0013064-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Bhisma Murti, dr., MPH, MSc, PhD
2. Widana Primaningtyas, dr.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.