Penulis Utama : Afif Burhanudin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0013006
Tahun : 2016
Judul : Perbedaan Penilaian Diri Kinerja Tutor Antara Dosen dengan Riwayat Mengajar saat Paradigma Teacher Centered Learning dan Student Centered Learning
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Kedokteran - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran, Prog. Studi Kedokteran - G0013006-2016
Subyek : PERGESERAN PARADIGMA, PENILAIAN DIRI, TUTOR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
Pendahuluan: Pada awalnya sistem  pembelajaran kedokteran di Indonesia menggunakan model Teacher  Centered  Learning   (TCL),  yang  ternyata  membuat mahasiswa  pasif. Pada tahun 2007 sistem pembelajaran di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret berganti menjadi Student Centered Learning, yaitu sistem di mana peran dosen berubah menjadi tutor yang memfasilitasi mahasiswa untuk mencari informasi. Dari perubahan sistem pembelajaran tersebut maka terdapat pergeseran paradigma mengajar dosen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penilaian diri kinerja tutor antara dosen dengan riwayat mengajar saat paradigma teacher centered learning dan student centered learning.

Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian dalam bentuk survey yang bersifat observasional dengan metode pendekatan cross-sectional yang dilaksanakan pada bulan Desember 2016 di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Sampel penelitian ini berjumlah 85 orang dengan metode total sampling. Data hasil penelitian diolah dan dianalisis menggunakan uji T independen.

Hasil Penelitian: Didapatkan hasil p sebesar 0.631, oleh karena p>0.05 maka dinyatakan bahwa penilaian diri kinerja tutor pada dosen dengan riwayat mengajar saat paradigma teacher centered learning tidak berbeda dengan penilaian diri kinerja tutor pada dosen dengan riwayat mengajar saat paradigma student centered learning. 

Simpulan Penelitian: Tidak terdapat perbedaan penilaian diri kinerja tutor antara dosen dengan riwayat mengajar saat paradigma teacher centered learning dan dosen dengan riwayat mengajar saat paradigma student centered learning.

Kata Kunci: Pergeseran Paradigma, Penilaian Diri, Tutor

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lembar Persetujuan Publikasi_1.pdf
HALAMAN.pdf
BAB (1).pdf
BAB (2).pdf
BAB (3).pdf
BAB (4).pdf
BAB (5).pdf
BAB (6).pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Eti Poncorini Pamungkasari, dr., M.Pd
2. Amandha Boy Timor R, dr., M.Med.Ed
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran