Penulis Utama : Natasha Ninda Pramalista
NIM / NIP : G0013172
×


ABSTRAK

Latar Belakang: Virus Dengue adalah virus yang dapat mengakibatkan infeksi asimtomatik, sampai dengan manifestasi yang berbahaya seperti Dengue Hemorrhagic Fever (DHF) dan Dengue Shock Syndrome (DSS). Hingga saat ini penanganan kasus DHF hanya sebatas pada terapi simptomatis dan suportif. Oleh karena itu, perlu dikembangkan strategi untuk mengatasinya, salah satunya dengan bahan alam yang berpotensi sebagai antivirus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek antivirus ekstrak etanol rimpang Jahe Merah (Zingiber officinale Linn var. rubrum) terhadap virus Dengue secara in vitro.

Metode Penelitian: Subjek dari penelitian ini adalah virus Dengue serotipe 2 strain New Guinea C (DENV2 NGC) yang diinfeksikan ke dalam cell line Huh-7. Penelitian dibagi dalam 2 uji, yaitu uji daya hambat ekstrak terhadap DENV-2 yang ditentukan melalui nilai Inhibitory Concentration 50 (IC50)   dengan metode Focus Forming Unit assay dan uji toksisitas ekstrak terhadap sel Huh-7 yang ditentukan melalui nilai Cytotoxic Concentration 50 (CC50) dengan metode MTT assay.

Hasil Penelitian: Ekstrak etanol Rimpang Jahe Merah (Zingiber officinale Linn var. rubrum) memiliki nilai IC50 sebesar 16.08 ?g/ml, CC50 sebesar 345.39 ?g/ml dan Selectivity Index ekstrak adalah 21.48.

Simpulan Penelitian: Ekstrak etanol Rimpang Jahe Merah (Zingiber officinale Linn var. rubrum) diduga dapat menghambat replikasi DENV-2 dan tidak toksik terhadap sel Huh-7 dengan nilai IC50, CC50 dan indeks selektivitas masing-masing sebesar
16.08 ?g/ml, 345.39 ?g/ml dan 21.48.


Kata Kunci:  Zingiber officinale Linn var. rubrum, virus Dengue, DENV-2, selHuh-7.

×
Penulis Utama : Natasha Ninda Pramalista
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0013172
Tahun : 2017
Judul : Efek Antivirus Ekstrak Etanol Rimpang Jahe Merah (Zingiber officinale Linn var. rubrum) Terhadap Virus Dengue In Vitro
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran, Prog. Studi Kedokteran - G0013172-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Afiono Agung Prasetyo, dr., Ph.D.,
2. Ratih Dewi Yudhani, dr., M.Sc.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.