Penulis Utama : Lisana Shidqi
NIM / NIP : G0013137
×

ABSTRAK
Latar Belakang: Konsentrasi hemoglobin (Hb) merupakan salah satu parameter kondisi   kesehatan   yang   dapat   diperiksa  dengan   menggunakan   hematology analyzer (HA) metode sianmethemoglobin dan alat point-of-care testing (POCT) metode electrode-based biosensor. HA merupakan baku emas pemeriksaan konsentrasi hemoglobin tetapi tidak dapat digunakan pada beberapa tempat seperti tempat donor darah yang mobile dan area kritis di fasilitas kesehatan. Pada kondisi tersebut POCT dapat menggantikan HA. POCT metode electrode-based biosensor merupakan salah satu contoh POCT yang belum pernah diteliti di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan konsentrasi hemoglobin hematology analyzer metode sianmethemoglobin dan POCT metode electrode- based biosensor meliputi perbedaan serta korelasi pada kedua alat.

Metode penelitian: Jenis penelitian ini adalah studi observasional dengan desain
cross sectional. Subjek penelitian merupakan siswi SMA kelas X dan XI dari 4
SMA di Sukoharjo, Indonesia. Variabel bebas adalah metode pemeriksaan (HA metode sianmethemoglobin dan POCT metode electrode-based biosensor). Variabel terikat adalah konsentrasi hemoglobin kedua alat. Sampel darah kapiler diambil untuk diperiksa menggunakan POCT metode electrode-based biosensor dan sampel darah vena diambil untuk diperiksa menggunakan HA metode sianmethemoglobin. Uji beda dilakukan untuk mengetahui perbedaan nilai konsentrasi hemoglobin kedua alat. Uji beda menggunakan uji Mann-Whitney. Uji korelasi digunakan untuk mengetahui hubungan nilai konsentrasi hemoglobin kedua alat. Uji korelasi menggunakan uji korelasi Spearman (?=0,05).

Hasil penelitian: Subjek yang diteliti sebanyak 173 orang. Rata-rata ± simpang baku konsentrasi hemoglobin POCT metode electrode-based biosensor dan HA metode sianmethemoglobin masing-masing sebesar 11,11 ± 1,21 g/dL dan 11,97 ±
1,49 g/dL. Hasil perbandingan menggunakan uji Mann-Whitney menunjukkan perbedaan yang signifikan (p=0,00). Hasil uji korelasi Spearman menunjukkan korelasi positif yang sedang dan signifikan (r=0,44; p=0,00).

Simpulan   penelitian:   Terdapat   perbedaan   konsentrasi   hemoglobin   yang signifikan dan korelasi postif pada kedua alat. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut menggunakan POCT metode electrode-based biosensor.

Kata kunci: konsentrasi hemoglobin, HA metode sianmethemoglobin, POCT
metode electrode-based biosensor

×
Penulis Utama : Lisana Shidqi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0013137
Tahun : 2017
Judul : Perbandingan Konsentrasi Hemoglobin dengan Hematology Analyzer Metode Sianmethemoglobin dan Point-Of-Care Testing (Poct) Metode Electrode-Based Biosensor
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran, Prog. Studi Kedokteran - G0013137-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ratna Kusumawati, dr., M.Biomed.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.