Penulis Utama : Niko Febriyanto
NIM / NIP : F3514057
×

Abstrak
PT. Pos Indonesia (Persero) Solo merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa layanan pengiriman barang yang mempunyai cabang di seluruh Indonesia. Jasa layanan pengiriman barang berhubungan erat dengan kualitas layanan karena mempengaruhi kepuasan pelanggan. Salah satu permasalahan yang ada pada jasa pelayanan pengiriman barang adalah bagaimana caranya agar dapat memberikan pelayanan dengan kualitas yang terbaik.
Pengamatan ini dilakukan  di Kantor Pos Solo 57100, jenis pengamatan ini adalah pengamatan deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari (1) Narasumber atau informan, (2) Peristiwa, aktivitas dan perilaku, (3) Dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam pengamatan ini menggunakan teknik (1) wawancara, (2) observasi, (3) mengkaji dokumen dan arsip. Teknik analisis data adalah menggunakan analisis deskriptif.
Hasil dari pembahasan penulis menjelaskan tentang prosedur pengiriman paket pos yaitu : Collecting (Pengumpulan), Processing (Pengolahan), Transporting (Pengiriman), Delivering (penyampaian), dan Reporting (Pelaporan). Kemudian masalah-masalah yang mempengaruhi kualitas layanan Kantor Pos diantaranya karena masalah terlambat dalam pengiriman barang, salah salur, barang rusak dan barang hilang .
 Saran yang bisa diberikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan antara lain membuat layanan baru, penambahan waktu kerja sebelum hari libur dan atau menyiapkan petugas pengganti. Selain itu juga memperbaiki sistem keamanan barang dalam perjalanan untuk menghindari barang rusak, seperti melakukan tidakan kehati-hatian saat meletakan barang ke kantong maupun menaruh barang ke dalam armada transportasi.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Prosedur Pengiriman dan Perbaikan Kualitas Pelayanan

×
Penulis Utama : Niko Febriyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3514057
Tahun : 2017
Judul : Evaluasi Kualitas Layanan Pengiriman Paket Pos Biasa pada Kantor Pos Solo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Manajemen Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Jur. Manajemen Bisnis-F3514057-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Suryandari Istiqomah, S.E, M.sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.