Penulis Utama : Frienny Dwitamona Queentiara Arthananda
NIM / NIP : F3514030
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat absensi karyawan dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Sehingga nantinya akan ditemukan solusi untuk meminimalisir tingkat absensi tersebut. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan observasi terhadap pihak terkait. Selain itu data sekunder juga diperoleh dari data yang dimiliki perusahaan. Metode pembahasan yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode pembahasan deskriptif.
Hasil penelitian yang didapatkan adalah absensi karyawan Winding bulan Mei sampai dengan Desember sebanyak 1525 absensi, dengan rata-rata tingkat absensi 5,76% atau 314 absensi. Bulan tertinggi absensi adalah pada bulan November 2016 yaitu 7,57%, dan absensi paling rendah pada bulan Mei sebesar 4,51%. Faktor yang menyebabkan absensi karyawan, antara lain: cuti, surat rujukan dokter, ijin, alpha, pulang sebelum waktu, cuti dispensasi, ijin cuti mendadak. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi karyawan yang sering absen diantaranya yaitu pemberian motivasi kerja (pembinaan kerja), pemotongan gaji, pemberian sanksi, pemberian gaji intensif, pemberian THR, pemberian premi, dan lain-lain.
Saran yang diberikan kepada perusahaan adalah surat rujukan dokter harus lebih diperketat, memberikan sanksi yang tegas kepada karyawan yang absen tanpa keterangan (alpha), dan dengan menggunakan sistem absensi fingerprints agar lebih efektif dan efisien. Dengan saran tersebut diharapkan absensi karyawan di PT. Kusumaputra Santosa dapat berkurang.

Kata Kunci : Absensi, Karyawan, Tingkat Absensi

×
Penulis Utama : Frienny Dwitamona Queentiara Arthananda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3514030
Tahun : 2017
Judul : Analisis Tingkat Absensi Karyawan pada Divisi Winding PT. Kusumaputra Santosa Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Manajemen Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Jur. Manajemen Bisnis-F3514030-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wahyu Trinarningsih S.E., M.M.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.