Penulis Utama : Yasmin Zahirah
NIM / NIP : G0013238
×

ABSTRAK

Metode Penelitian: Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Penelitian dilakukan pada bulan November 2016 dengan subjek penelitian adalah siswi kelas V SD di SDIT Nur Hidayah Surakarta. Metode simple random sampling digunakan untuk memilih 71 sampel penelitian. Data status gizi diperoleh dari berat badan dan tinggi badan, kemudian diolah menjadi z-score berdasarkan IMT/U dengan software WHO Anthroplus. Data kebiasaan sarapan diperoleh melalui kuisioner. Data konsumsi makanan selain sarapan diperoleh melalui formulir food record 24 jam dan diolah dengan software Nutrisurvey. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t tidak berpasangan dengan ? = 0,05.

Hasil Penelitian: Hasil uji t tidak berpasangan pada variabel kebiasaan sarapan dan status gizi menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang bermakna secara statistik pada z-score berdasarkan indeks IMT/U antara kelompok responden yang memiliki kebiasaan sarapan teratur dan tidak teratur (p= 0,01). Perbandingan rata-rata z-score pada kelompok dengan kebiasaan sarapan teratur (z-score= 0,12) dan tidak teratur (z-score= 1,03) menunjukkan bahwa terdapat penurunan risiko overweight dan obesitas pada kelompok orang yang memiliki kebiasaan sarapan teratur. Dengan demikian, hipotesis penelitian ini diterima.

Simpulan Penelitian: Terdapat perbedaan yang bermakna secara statistik pada z-score berdasarkan indeks IMT/U antara kelompok responden yang memiliki kebiasaan sarapan teratur dan tidak teratur (p= 0,01).

Kata Kunci: kebiasaan sarapan, status gizi, obesitas

×
Penulis Utama : Yasmin Zahirah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0013238
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Kebiasaan Sarapan dengan Status Gizi Anak Usia Sekolah di Sdit Nur Hidayah Surakarta
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran, Prog. Studi Kedokteran - G0013238-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Widardo, M.Sc
2. Arsita Eka Prasetyawati, dr, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.