Penulis Utama : Sonya Elizabeth
NIM / NIP : G0013220
×

ABSTRAK

Pendahuluan:  Infeksi aliran darah dapat disebabkan oleh pemasangan kateter vena. Bahaya pemasangan kateter vena perifer sering diabaikan, berbeda dengan kateter vena sentral.Penelitian ini bertujuan mengetahui adakah perbedaan kejadian infeksi aliran darah terkait pemasangan kateter vena perifer dan sentral di HCU Neonatus RSUD Dr. Moewardi.

Metode: Penelitian ini bersifat analitik komparatif dengan pendekatan cohort retrospective.  Metode  random  sampling  digunakan  untuk  pengambilan  sampel. Subjek penelitian ini adalah neonatus yang terpasang kateter vena perifer atau sentral pada Mei 2015 hingga Oktober 2016 di HCU Neonatus RSUD Dr. Moewardi, data diambil dari rekam medis. Pasien didiagnosis infeksi aliran darah berdasarkan kriteria pada Guideline CDC. Analisis statistik yang digunakan adalah X2 (Chi kuadrat) untuk membandingkan proporsi infeksi aliran darah terkait kateter pada 2 kelompok yaitu kateter vena perifer dan kateter vena sentral.

Hasil: Didapatkan 53,33% dan  56.67% kejadian infeksi aliran darah pada kelompok kateter vena perifer dan kateter vena sentral, berturutan (p = 0,714).

Simpulan: Tidak terdapat perbedaan signifikan pada kejadian infeksi aliran darah terkait pemasangan kateter vena sentral dan kateter vena perifer di HCU Neonatus RSUD Dr. Moewardi.

Kata Kunci: Kateter vena perifer, kateter vena sentral, infeksi aliran darah.

×
Penulis Utama : Sonya Elizabeth
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0013220
Tahun : 2017
Judul : Perbedaan Kejadian Infeksi Aliran Darah Terkait Pemasangan Kateter Vena Perifer dan Sentral di Hcu Neonatus RSUD Dr. Moewardi
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran, Prog. Studi Kedokteran - G0013220-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dwi Hidayah, dr., Sp.A (K), M.Kes
2. Diah Lintang, dr., Sp.A, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.