Penulis Utama : Heldy Lieswan Kusuma
NIM / NIP : K5412034
×

Abstrak

Tujuan  penelitian  ini  adalah  :  (1)  Untuk  mengetahui  pola  persebaran spasial pasar tradisional di Kecamatan Karanganyar, Matesih dan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar tahun 2016, (2) Untuk mengetahui aksesibilitas wilayah di Karanganyar, Matesih dan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar tahun 2016, (3)   Untuk   mengetahui   tingkat   jangkauan   layanan   pasar   tradisional   di Karanganyar, Matesih dan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar tahun 2016.
Penelitian  ini  menggunakan  metode  deskriptif  kualitatif  dengan pendekatan spasial. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Purposive Sampling digunakan untuk memilih sampel responden yang diwawancarai  mengenai  jangkauan  layanan  pasar  tradisional.  Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis  data  menggunakan  analisis  deskriptif  keruangan  dan  analisis  data kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah : (1) Pasar tradisional di sebagian Kabupaten Karanganyar memiliki distribusi yaitu terdapat 4 pasar tradisional di Kecamatan Karanganyar satu diantaranya sudah tidak beroperasi, Terdapat 3 pasar tradisional di Kecamatan Matesih satu diantaranya sudah tidak beroperasi dan terdapat 3 pasar tradisional di Kecamatan Tawangmangu satu diantaranya beroperasi musiman. (2) Tingkat aksesibilitas di Kecamatan Karanganyar baik, Kecamatan Matesih memiliki aksesibilitas yang sedang dan Kecamatan Tawangmangu memiliki aksesbikitas yang baik. (3) Tingkat jangkauan layanan pasar tradisional terjauh terdapat di Pasar Tawangmangu dengan jarak tempuh terjauh yaitu 13 Km, pasar tradisional dengan layanan jangkauan terdekat diantara yang terjauh adalah Pasar Barakan dengan jarak tempuh sejauh 2 Km.

Kata Kunci : Persebaran, Pasar Tradisional, Aksesibilitas, Jangkauan Layanan

×
Penulis Utama : Heldy Lieswan Kusuma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5412034
Tahun : 2017
Judul : Kajian Persebaran Spasial Pasar Tradisional di Kecamatan Karanganyar, Matesih dan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun 2016 ( Sebagai Bahan Pengayaan Pembelajaran Geografi pada Materi Pokok Konsep Wilayah dan Pewilayahan dalam Perencanaan Tata Ruang Wilayah Nasional, Provinsi dan Kabupaten/ Kota Kelas XII SMA)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Geografi-K5412034-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Moh. Gamal Rindarjono, M.Si.
2. Drs. Wakino, M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.