Penulis Utama : Rizki Amalia Miza
NIM / NIP : D1215047
×

Abstrak

Beberapa media cetak terpaksa tutup karena ketatnya persaingan di era media digital. Sehingga perlu untuk mengetahui bagaimana media cetak menyajikan konten kepada pembacanya. Tabloid NOVA adalah salah satu media cetak yang masih bertahan hingga tahun ke-duapuluhsembilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi dari rubrik Busana dan bagaimana pesan di dalamnya diterima oleh khalayak pembaca di wilayah Kota Surakarta.
Pada teori penerimaan pesan khalayak oleh Stuart Hall, khalayak dianggap aktif menciptakan makna atas apa yang dikonsumsinya di media sesuai dengan konteks sosial budaya di lingkungannya. Sehingga menempatkan khalayak dalam posisi dominant-hegemonic position, negotiated position, dan opposition. Makna dan interpretasi mereka akan terbangun seiring dengan pembacaan rubrik secara terus-menerus. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis isi pada level teks dan hasilnya dikonfirmasi melalui wawancara mendalam terhadap enam informan yang berasal dari beragam profesi.
Dari penelitian ini dapat dikatakan bahwa para informan menerima dan menginterpretasikan pesan secara beragam. Informan pada posisi dominant-hegemonic menyetujui secara penuh dan mengapresiasi konten yang dimuat dalam rubrik Busana. Pada negotiated position informan mempertimbangkan nilai keagamaan dan kesopanan dalam penerapan busana pada rubrik. Sedangkan pada opposition position informan cenderung tidak menerima apa yang disajikan oleh rubrik dan memiliki harapan tersendiri agar rubrik memuat busana yang menurut mereka lebih modern.

Kata Kunci : analisis resepsi, penerimaan pesan, khalayak, media massa, tabloid

×
Penulis Utama : Rizki Amalia Miza
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1215047
Tahun : 2017
Judul : Media Massa & Budaya Pop (Studi Penerimaan Pesan Khalayak Terhadap Rubrik Busana pada Tabloid NOVA Edisi September-Desember 2016 di Kalangan Pembaca NOVA di Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D1215047-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Pawito, Ph. D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.