Penulis Utama : Sianita Arighi
NIM / NIP : D0213087
×

Abstrak

Perkembangan zaman yang semakin modern, lambat laun dapat mengancam kelestarian seni tradisi, salah satunya wayang orang Sriwedari. Di bawah kepemimpinan Dinas Kebudayaan, pelestarian wayang orang Sriwedari menjadi salah satu perhatian khusus dari pemerintah Kota Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti komunikasi organisasi Dinas Kebudayaan Kota Surakarta dalam melakukan promosi kesenian wayang orang di Kota Surakarta tahun 2017. Teori yang digunakan adalah Teori Manajemen Klasik yang disampaikan oleh Henry Fayol. Sementara metode yang digunakan ialah metode penelitian deskriptif kualitatif, data diambil dengan wawancara dan studi dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan Model Analisis Interaktif lalu diuji dengan menggunakan teknik Triangulasi sumber. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, menghasilkan 5 informan di antaranya, 1 koordinator wayang orang Sriwedari, 1 pemain wayang orang Sriwedari, Kepala bidang kesenian, sastra dan sejarah, kepala seksi kesenian diplomasi dan budaya serta staf kesenian diplomasi dan budaya sebagai mantan pemain wayang orang Sriwedari.
Berdasarkan hasil penelitian, terdapat tiga bentuk komunikasi utama yang terjadi di dalam organisasi Dinas Kebudayaan Kota Surakarta, antara lain downward communications (komunikasi ke bawah), upward communications (komunikasi ke atas) dan horizontal communications (komunikasi ke samping). Dari ketiga bentuk komunikasi tersebut, komunikasi ke atas merupakan bentuk komunikasi yang sering terjadi antara wayang orang Sriwedari dengan Dinas Kebudayaan melalui kepala seksi kesenian. Ketiga bentuk komunikasi tersebut, mendukung keberhasilan pelaksanaan program promosi kesenian wayang orang Sriwedari.
Dalam menerapkan prinsip manajemen klasik, Dinas Kebudayaan dengan wayang orang Sriwedari melakukan perencanaan, pengorganisasian program rencana sesuai tupoksi masing-masing anggota, pelaksanaan program promosi serta pengawasan jalannya promosi wayang orang. Sedangkan promosinya dilakukan secara langsung melalui pementasan dan tidak langsung melalui media sosial dan internet.

Kata Kunci : Komunikasi Organisasi, Promosi, Kesenian wayang orang, prinsip manajemen

×
Penulis Utama : Sianita Arighi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213087
Tahun : 2017
Judul : Komunikasi Organisasi Dinas Kebudayaan Kota Surakarta dalam Melakukan Promosi Kesenian Wayang Orang (Studi Deskriptif Kualitatif Komunikasi Organisasi Dinas Kebudayaan Kota Surakarta dalam Melakukan Promosi Kesenian Wayang Orang di Kota Surakarta Tahun 2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D0213087-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Monika Sri Yuliarti, S.Sos., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.