Penulis Utama : Lukman Adi Putra
NIM / NIP : K8412045
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui respon masyarakat sekitar terhadap adanya komunitas anak bawang (2) Untuk mengetahui bentuk-bentuk permainan tradisional yang berperan terhadap pendidikan karakter anak. (3) Untuk mengetahui upaya melestarikan permainan tradisional.
    Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Sumber data dari informan, komunitas dan dokumen. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penentu informan menggunakan purposive sampling. Untuk mencari validitas data menggunakan trianggulasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan (1) Respon masyarakat tentang adanya Komunitas Anak Bawang Pertama, memberikan dampak positif terhadap anak. Kedua, melestarikan permainan tradisional (2) Terdapat bentuk-bentuk permainan tradisional yang berperan dalam pendidikan karakter anak Pertama, permainan tradisional dhakon terdapat nilai-nilai kehidupan yang dapat diambil dari para pemain. Kedua, permainan tradisional gasing yang bisa untuk media terapi. Ketiga, permainan tradisional egrang bambu memiliki nilai budaya yang terkandung seperti kerja keras, keuletan, dan sportivitas. Keempat, permainan tradisional lompat tali mengajarkan anak untuk melatih motorik saat melompat. Kelima, permainan tradisional Surakarta mengajarkan anak strategi. Keenam, permainan tradisional Engklek Gunung, Permainan ini mengajakan anak untuk membangun rumahnya dan perjuangan manusia dalam meraih wilayah kekuasaannya. (3) Terdapat upaya untuk melestarikan permainan tradisional Pertama, mengenalkan permainan tradisional di Car Free Day Solo. Kedua, mengenalkan permainan tradisional di komunitas-komunitas yang ada di Solo. Ketiga, membuat sebuah buku mengenai permainan tradisional.

Terdapat empat ciri pendidikan karakter F.W. Foerster yang berkaitan dengan peran permainan tradisional (1) Adanya nilai normatif seperti Dhakon terdapat nilai-nilai kehidupan yang dapat diambil dari para pemain. (2) Adanya koherensi membangun rasa percaya diri dan keberanian seperti Gasing mengajarkan anak untuk berkompetisi. (3) Adanya otonomi seperti dhakon mengajarkan anak ilmu manajemen ataupun mengelola. (4) Adanya keteguhan dan kesetiaan seperti dalam dhakon mengajarkan bagaimana menjalani fase-fase kehidupan manusia dari hari demi hari dengan bekerja.

Kata Kunci : Permainan Tradisional, Pendidikan Karakter, Anak, Komunitas

×
Penulis Utama : Lukman Adi Putra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8412045
Tahun : 2017
Judul : Peran Permainan Tradisional terhadap Pendidikan Karakter Anak di Komunitas Anak Bawang Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Sosiologi Antropologi-K8412045-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.rer.nat. Nurhadi, S.Ant.,M.Hum.
2. Drs. Slamet Subagya, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.