Penulis Utama : Edy Nasrudin
NIM / NIP : S431508012
×

Abstrak

Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) merupakan program transformasi berskala besar dibidang keuangan negara yang bertujuan meningkatkan efisiensi, efektivitas, akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan anggaran dan perbendaharaan negara melalui penyempurnaan proses bisnis dan pemanfaatan teknologi informasi yang terintegrasi. Penelitian ini bertujuan  untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan dan kesuksesan penerapan SAKTIberupa kepuasan bagi pengguna AplikasiSAKTI di Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN)serta menganalisis dampak individu dan organisasi dengan menggunakan model integrasi (integrated model).
Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah penggunaSAKTI pada unit akuntansi di KanwilDJPB dan KPPN di seluruh Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode sampling jenuh (sensus) yaknidengan menjadikan seluruh populasi sebagai sampel. Data primer dikumpulkan menggunakan  kuesioner dan variabel diukur dengan skala likert. Tingkat pengembalian kuesioner sampai batas waktu yang ditentukan sebanyak 282 responden. Teknis analisis yang digunakan adalah (PLS) Partial Least Square dengan pengolahan data menggunakan perangkat lunak SmartPLS Versi 3.2.6
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan diperoleh kesimpulan  bahwa ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, kondisi yang memfasilitasi, kualitas informasi, kualitas sistem dan sikap pada penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna. Kepuasan pengguna juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap dampak individu dan organisasi.

Kata Kunci : Kepuasan pengguna, aplikasi keuangan, keuangan negara

×
Penulis Utama : Edy Nasrudin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S431508012
Tahun : 2017
Judul : Determinan Kepuasan Pengguna Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi dan Pengaruhnya terhadap Dampak Individu dan Organisasi (Studi pada Satuan Kerja Kanwil DJPB dan KPPN Se-Indonesia)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Akuntansi-S431508012-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ari Kuncara Widagdo, S.E., MBA., Ph.D., Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.