Penulis Utama : Fransiska Liana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0113025
Tahun : 2017
Judul : Kajian Stilistika dalam Paribasan Bahasa Jawa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Jur. Sastra Daerah untuk Sastra Jawa-C0113025-2017
Subyek : STILISTIKA, PARIBASAN BAHASA JAWA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan mengenai pemanfaatan dan letak aspek bunyi dalam paribasan bahasa Jawa, (2) mendeskripsikan mengenai diksi atau pemilihan kosa kata serta posisinya dalam paribasan bahasa Jawa, (3) mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa dalam paribasan bahasa Jawa.
Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Data penelitian ini berupa data tulis berupa paribasan bahasa Jawa yang didalamnya mengandung aspek-aspek kajian stilistika sepertiĀ  aspek bunyi, diksi, dan gaya bahasa. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari dua sumber, yaitu kamus peribahasa bahasa Jawa yang disusun oleh L. Mardiwarsito yang diterbitkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta pada tahun 1980, dan buku Sarining Kasusastran Djawa yang disusun oleh R.S. Subalidinata yang diterbitkan oleh P.T. Jaker, Jogjakarta pada tahun 1968.
Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak kemudian dilanjutkan dengan teknik catat. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode distribusional (agih), dan metode padan. Metode distribusional digunakan untuk menganalisis aspek bunyi, diksi, dan penanda morfologis dalam teknik (Bagi Unsur Langsung). Metode padan digunakan untuk menganalisis gaya bahasa dengan teknik dasar PUP (Pilah Unsur Penentu). Metode penyajian hasil analisis data pada penelitian ini menggunakan metode informal.
Hasil analisis data yang ditemukan yaitu (1) pemanfaatan aspek bunyi dalam paribasan bahasa Jawa ditemukan asonansi (purwakanthi guru sastra), aliterasi (purwakanthi guru swara), dan purwakanthi lumaksita/basa. (2) diksi dalam paribasan bahasa Jawa ditemukan sinonimi, tembung saroja, dan kata-kata Kawi. (3) aspek penanda morfologis ditemukan berupa tembung rangkep (dwilingga, dan dwipurwa), dan afiksasi (prefiks, infiks, sufiks, konfiks, dan gabungan afiks). (4) gaya bahasa yang ditemukan adalah asidenton, litotes, hiperbola, paradoks, personifikasi, sarkasme dan eufemisme.

Kata Kunci : Stilistika, paribasan bahasa Jawa

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sri Supiyarno, M.A.
2. Prof. Dr. H. Wakit A. Rais, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya