Penulis Utama : Bambang Uta Purnama Aji
NIM / NIP : K7113044
×

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep uang dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas III B SDIT MTA Gemolong tahun 2016/2017.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III B SDIT MTA Gemolong tahun 2016/2017 yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian tindakan kelas adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan pemahaman konsep uang pada siswa kelas III B SDIT MTA Gemolong tahun 2016/2017. Pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan, ketuntasan siswa pada pratindakan sebesar 32,35%. Setelah dilaksanakanya tindakan dengan menggunakkan model Think Pair Share (TPS) pada siklus I ketuntasan siswa meningkat menjadi 73,53%. Selanjutnya pada siklus II ketuntasan siswa meningkat menjadi 88,23%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan pemahaman konsep uang pada siswa kelas III B SDIT MTA Gemolong tahun 2016/2017.

Kata Kunci : Pemahaman Konsep, uang, model Think Pair Share (TPS)

×
Penulis Utama : Bambang Uta Purnama Aji
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113044
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Uang pada Siswa Kelas III B Sdit MTA Gemolong Tahun 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7113044-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sadiman, M. Pd.
2. Drs. Tri Budiarto, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.