Penulis Utama : Naila Milaturrahmah
NIM / NIP : S851602023
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) proses pembelajaran matematika di sekolah yang berbasis STEM yang meliputi kesiapan sebelum proses pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi; 2) faktor atau kendala yang dialami guru pada proses pembelajaran matematika dan penyelesaiannya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru matematika kelas VII dan VIII. Teknik yang digunakan dalam pengambilan subjek adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Untuk mendapatkan data yang valid digunakan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian ini antara lain: 1) guru menyiapkan media dan sumber belajar, silabus dan lembar aktivitas, serta alat dan bahan praktik sebelum proses pembelajaran berlangsung, pelaksanaan pembelajaran terdiri dari tiga tahapan yaitu pendahuluan, inti, dan penutup yang mana pada tahap pendahuluan guru matematika menyiapkan kondisi siswa secara psikis dan fisik dan menggunakan pendekatan STEM, kemudian pada tahap inti guru matematika melakukan praktik, melibatkan siswa dalam praktik, siswa terlibat aktif dalam melakukan praktik di kelas, membimbing siswa dalam melakukan praktik, memanfaatkan teknologi (komputer, internet), menggunakan strategi pembelajaran active learning, berkomunikasi dengan aktif terhadap siswa pada saat pembelajaran, tidak menggunakan metode pembelajaran problem solving, menggabungkan STEM dalam satu subyek (minimal 2 disiplin STEM), siswa termotivasi untuk menyukai matematika, mengembangkan bahan ajar, mengajar sesuai dengan bidang keahlian yang ditempuh saat S1 dan tidak ada kesenjangan diantara peserta didik, kemudian pada tahap penutup guru matematika bersama siswa melakukan penilaian dan refleksi, dan terdapat produk dari proyek yang telah dilaksanakan, kemudian pada tahap evaluasi guru matematika memberikan penilaian dalam bentuk tes uraian; 2) faktor atau kendala yang dialami guru adalah pada saat pelaksanaan praktik yaitu siswa tidak memahami worksheet yang diberikan sehingga praktik tidak selesai, guru juga mengalami kendala pada alat dan bahan praktik yang tidak tersedia, dan cara penyelesaian yang dilakukan guru adalah menjadikan sebagai tugas rumah jika tidak selesai dikerjakan di sekolah dan membuat penanggungjawab dalam menyiapkan alat dan bahan praktik.

Kata Kunci : proses pembelajaran matematika, pendekatan STEM, sekolah berbasis STEM

×
Penulis Utama : Naila Milaturrahmah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851602023
Tahun : 2017
Judul : Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Pendidikan Matematika-S851602023-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ikrar Pramudya, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.