Penulis Utama : Hendry Eka Nugraha
NIM / NIP : K7113097
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu: melalui strategi Learning Cell meningkatkan pemahaman konsep perkembangan teknologi pada siswa kelas IV SD Negeri Mijen Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Mijen Surakarta yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, tes, dan studi dokumen. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan verification. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : penerapan strategi Learning Cell dapat meningkatkan pemahaman konsep perkembangan teknologi pada siswa kelas IV SD Negeri Mijen Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Hal itu dibuktikan dengan perolehan persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 43,75%, dan pada siklus II meningkat menjadi 87,50%.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan strategi Learning Cell dapat meningkatkan pamahaman konsep perkembangan teknologi pada siswa kelas IV SD Negeri Mijen Surakarta tahun ajaran 2016/2017.

Kata Kunci : Strategi Learning Cell, Pemahaman Konsep Perkembangan Teknologi

×
Penulis Utama : Hendry Eka Nugraha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113097
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Strategi Learning Cell untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkembangan Teknologi pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mijen Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7113097-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sadiman, M.Pd.
2. Dra. Siti Kamsiyati, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.