Penulis Utama : Didin Dinda Rukmana
NIM / NIP : D0313019
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil dari program pemberdayaan perempuan yang dilakukan oleh KWT (Kelompok Wanita   Tani)   Desa   Kaliabu,   Kecamatan   Mejayan,   Kabupaten Madiun.  Teori  yang digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  Teori Aksi dari Talcott Parson. Dalam penelitian ini tindakan sosial yang dilakukan oleh perempuan Desa Kaliabu yang berperan sebagai aktor bekerja sebagai petani maupun buruh tani untuk menghasilkan upah, namun walaupun begitu masih banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan. Dalam pencapaian tujuan tersebut maka dibentuklah KWT (Kelompok Wanita Tani) di Desa Kaliabu sebagai salah satu wadah untuk mengembangkan potensi serta prouktivitas perempuan pedesaan agar lebih bisa memanfaatkan waktu luang yang dimiliki dengan kegiatan yang lebih bermanfaat.
Penelitian ini mengambil lokasi di Desa Kaliabu, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi hasil program   dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposif sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan  observasi,  wawancara,  dan  dokumentasi.  Validitas data yang digunakan  yaitu tringanggulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah flow model analisis yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perempuan Desa Kaliabu yang memiliki pekerjaan sebagai petani maupun buruh tani masih memiliki waktu luang dirumah yang cukup banyak, yang seharusnya bisa digunakan untuk melakukan kegiatan yang lebih produktif  dan bermanfaat Dimana untuk meningkatkan produktivitas dan kemampuan dalam memanfaatkan waktu luang yang ada, maka dari itu program KWT membuat dua program kegiatan yaitu program budidaya tanaman produktif sayur dan program budidaya ikan lele. Sehingga dengan adanya dua program itu diharapkan bisa membantu dalam meningkatkan produktifitas masyarakat pedesaan khususnya bagi  perempuan pedesaan  guna mengembangkan  potensi  yang  ada dalam diri maupun lingkungannya.

Kata Kunci : Perempuan, Pemberdayaan, Kelompok Wanita Tani

×
Penulis Utama : Didin Dinda Rukmana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0313019
Tahun : 2017
Judul : Evaluasi Hasil Program Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani di Desa Kaliabu, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Jur. Sosiologi-D0313019-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Bagus Haryono, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.