Penulis Utama : Ahmad Farhan Habib
NIM / NIP : D0215008
×

Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan podcast di Indonesia sangatlah pesat. Sebagai bentuk media yang baru populer di Indonesia, podcast mulai menjadi pilihan alternatif media dalam memenuhi kebutuhan kepuasan khalayak. Kelebihan dari karakteristik media podcast dapat memenuhi keinginan atau unsur gratifikasi yang diharapkan khalayak sehingga memberikan kepuasan dan keinginan untuk terus mendengarkannya. Pendengar podcast di Indonesia di dominasi kalangan usia muda yang berpendidikan tinggi dan pilihan utama pendengar di Indonesia untuk mengakses podcast yakni melalui Spotify.

Penelitian ini berdasarkan teori uses and gratifications bersamaan dengan pendekatan fungsional. Dengan menggunakan pendekatan eksplanatif kuantitatif yang tujuan utamanya adalah untuk menjelaskan kesenjangan antara gratifications sought (GS) dan gratification obtained (GO) dari penggunaan podcast yang memengaruhi kepuasan mendengar podcast dan intensi keberlanjutan mendengarkannya. Penelitian ini juga meneliti peran dari kebiasaan mendengarkan podcast dalam memprediksi proses psikologis yang membantu menginisiasi dan mempertahankan dalam mendengarkan podcast.

Penelitian ini melibatkan 110 responden yang pengambilannya secara acak dari total populasi 168 mahasiswa Universitas Sebelas Maret yang mendengarkan podcast melalui Spotify yang didapatkan dari hasil prasurvei. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini di antaranya analisis deskriptif, uji analisis faktor eksploratori (EFA), dan analisis structural equation modellling (SEM).

Hasil regresi pada analisis jalur mengungkapkan bahwa hanya kesenjangan unsur kepuasan menghabiskan waktu yang memiliki pengaruh signifikan pada kepuasan mendengar podcast. Kepuasan mendengar podcast memiliki pengaruh signifikan terhadap intensi keberlanjutan mendengarkan podcast. Perbandingan multigroup menunjukkan bahwa dalam kelompok kebiasaan rendah, hanya hubungan parasosial mempunyai pengaruh yang signifikan namun negatif terhadap kepuasan mendengar podcast. Pengaruh antara kepuasan mendengar dan intensi keberlanjutan menurun secara tidak signifikan pada kelompok kebiasaan tinggi. Namun, hal tersebut menunjukan peran moderasi secara negatif akibat dari penggunaan kebiasaan mendengarkan podcast, terutama pada kebiasaan mendengar yang tinggi.

Kata kunci: siniar, fungsional, media baru, structural equation modelling

×
Penulis Utama : Ahmad Farhan Habib
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0215008
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Kesenjangan Kepuasan terhadap Kepuasan Mendengar dan Keberlanjutan Mendengarkan Podcast (Analisis Kuantitatif Pengaruh Kesenjangan Kepuasan terhadap Kepuasan Mendengar dan Intensi Keberlanjutan Mendengarkan Podcast melalui Spotify yang Dimoderasi Kebiasaan Mendengarkan Podcast di Kalangan Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Tahun 2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Program Studi Ilmu Komunikasi-D0215008-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Adolfo Eko Setyanto, M.Si,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.